Sabtu, 13 Jan 2018 19:25 WIB

Inikah Alasan Mitsubishi Global Tidak Kenalkan Xpander di Amerika?

Ruly Kurniawan - detikOto
Inikah Alasan Mitsubishi Global Tidak Kenalkan Xpander di Amerika? Foto: Mitsubishi Inikah Alasan Mitsubishi Global Tidak Kenalkan Xpander di Amerika? Foto: Mitsubishi
Jakarta - Mobil LMPV dari Mitsubishi, Xpander, yang diperkenalkan secara resmi pada Agustus 2017 kemarin masih terus diminati oleh warga Indonesia. Namun di Amerika Serikat (A.S), nampaknya pihak Mitsubishi global tidak meluncurkan mobil keluarga berjiwa petualang (SUV) tersebut.

Dilaporkan motor1, di tahun 2018 nanti Mitsubishi akan berfokus untuk keluarkan mobil crossover dan SUV. Hal tersebut berangkat dari cerminan tren belanja mobil di Amerika saat ini, papar eksekutif Mitsubishi Motors North America (MMNA). Mobil-mobil tradisional (mobil merek terdahulu) meliputi MPV, kecuali Mirage, menurun di semua merek.

"Kami benar-benar memfokuskan masa depan kami untuk crossover, pastinya," kata Nate Berg, senior manager for product planning. "Mayoritas penjualan kami adalah CUVs," lanjutnya.

Lebih detil, segmen crossover di Mitsubishi mengalami pertumbuhan dengan kenaikan 15 persen sepanjang tahun 2017. Tetapi, dalam waktu dekat ini Mitsubishi global akan mengeluarkan Xpander versi real SUV yakni Eclipse Cross terbaru bersama dengan Outlander PHEV.

Inikah Alasan Mitsubishi Global Tidak Kenalkan Xpander di Amerika?Inikah Alasan Mitsubishi Global Tidak Kenalkan Xpander di Amerika? Foto: Mitsubishi


Memang, dari bentuk facia bisa dilihat desainnya cukup mirip dengan Xpander, khususnya pada desain headlamp. Hanya saja Mitsubishi Eclipse Cross sedikit lebih langsing, jika dibanding Xpander yang merupakan sebuah MPV. Meski memiliki wajah yang mirip, namun karena Eclipse Cross adalah sebuah SUV, maka secara keseluruhan tampilannya bisa dibilang lebih agresif dan kompak.

Mitsubishi Eclipse Cross dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500 cc turbocgarge untuk varian bensin, sedangkan varian diesel mesinnya berkapasitas 2.200 cc turbocharge. Power maksimal yang bisa diraih untuk varian bensin adalah sebesar 163 PS, dengan torsi 250 Nm. Sedangkan untuk varian diesel, powernya sebesar 150 PS dan torsi yang mampu meledak hingga 400 Nm.

"Ini adalah saat yang tepat untuk berada di segmen [crossover]," kata Swearingen.

Sayangnya, dengan memberikan titik fokus pada model tersebut berarti Mitsubishi tidak mungkin memperkenalkan kendaraan utama lainnya di A.S. tahun ini. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed