Rabu, 10 Jan 2018 16:46 WIB

Keren, Pelek Ini Fleksibel Bisa Ikuti Bentuk Jalan Berlubang

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Michelin bersama dengan Maxion Wheels bekerja sama dan memperkenalan solusi yang inovatif untuk desain roda konvensional. Bukan di ban, melainkan di peleknya.

Terlihat dari video, pelek fleksibel itu pada dasarnya terbuat dari bahan aluminium, di mana kedua ujungnya dilindungi oleh karet flensa. Pelek ini dirancang khusus untuk mengurangi dampak pembengkokan dan penyerapan yang lebih efisien dari pelek konvensional biasanya.



Inovasi tersebut dijuluki Michelin Acorus, dan terintegerasi sepenuhnya ke dalam kemudi. Bagaimana cara kerjanya? Saat mobil melaju di atas lubang atau jalan dengan permukaan yang berbahaya, karet flensa akan berubah bentuk dan berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi ban dan pelek alumunium.

Michelin mengklaim inovasi ini punya keunggulan yang luar biasa dengan tujuan utamanya adalah membuat pelek dan ban bisa lebih tahan dari dampak benturan saat melewati jalanan rusak atau berlubang, serta risiko lainnya, terlepas dari kecepatan kendaraan.



Selain itu, karena teknologi ini dapat membantu menghindari kebocoran, setidaknya pengemudi perlu mengganti ban yang dapat menjaga bahan baku. Pengemudi yang tinggal di daerah dengan kondisi jalan yang sangat rusak dapat mengganti ban dengan ukuran lebih besar, karena teknologi pelek fleksibel ini cocok untuk semua merek ban.

[Gambas:Youtube]

(khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed