Senin, 08 Jan 2018 11:45 WIB

Enaknya Punya Mobil Listrik di India, Gratis Parkir 3 Tahun

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Reuters Foto: Reuters
New Delhi - Mobil listrik memang sedang digalakkan di beberapa negara. Tak hanya negara maju saja tapi juga di negara berkembang. Beberapa keuntungan pun diberikan bagi warga di beberapa negara yang sudah mulai beralih ke mobil listrik.

Di India misalnya, dimana mobil listrik tengah dikembangkan sebagai solusi atas polusi udara yang sudah parah, pemilik mobil listrik akan diberikan keistimewaan seperti dilansir Drivespark, Senin (8/1/2018). Seperti plat nomor khusus kendaraan listrik, parkir dan tol gratis di seluruh wilayah India selama tiga tahun.

Rencana tersebut sudah tertuang dari draf yang akan diajukan oleh pemerintah India. Dalam draf tersebut juga tertulis 10 persen lahan parkir yang ada di apartemen, pusat perbelanjaan, dan gedung perkantoran dikhususkan untuk mobil listrik.

Sederet keistimewaan tersebut dibuat agar masyarakat India semakin banyak yang ingin pindah ke mobil listrik. Jika pemerintah India berhasil membuat warganya beralih ke mobil listrik, maka permintaan akan BBM berkurang 64 persen serta emisi karbon bisa menyusut 37 persen tahun 2030.

Penggunaan mobil listrik juga bisa menghemat pengeluaran untuk sebesar Rp 60 miliar pada tahun 2030. Tapi itu semua jika pemerintahnya berhasil meyakinkan warganya agar semua mobil lalu lalang di India adalah mobil listrik.

Namun kalau melihat kondisi saat ini, hal itu tampaknya masih angan-angan saja. Parlemen India menyebut tak ada rencana untuk mengubah semua mobil di India bertenaga listrik.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed