Senin, 08 Jan 2018 11:11 WIB

Hyundai Tambah Mobil Hidrogen

Muhammad Idris - detikOto
Foto: Hyundai Foto: Hyundai
Las Vegas - Bicara mobil non emisi, lupakan dulu mobil listrik yang beberapa tahun belakangan ini ramai jadi topik pembicaraan. Selain mobil listrik yang diprediksi bakal merajai jalanan di masa depan, pesaing lainnya yakni mobil hidrogen.

Pabrikan raksasa otomotif asal Korea, Hyundai Motor, berencana memamerkan mobil bertenaga hidrogen baru di Consumer Electronic Show (CES) 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, pada 9-12 Januari 2018 mendatang.

Di pameran yang semuanya berfokus pada teknologi masa depan tersebut, Hyundai memperkenakan sel tenaga bahan bakar (fuel cell) hidrogen yang dilengkapi dengan teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS), teknologi yang masih dirahasikan perusahaan tersebut.

Sel tenaga EV (electric vehicle) ini merupakan pengembangan terbaru dari portofolio kendaraan bersih emisi dari Hyundai. Mobil hidrogen baru yang belum disebutkan namanya ini akan mendampingi line up mobil hidrogen Hyundai yang sudah ada yakni Tucson.

Tucson HidrogenTucson Hidrogen Foto: Hyundai


Selain itu, produsen mobil tersebut juga akan menghubungkan kemajuan di penciptaan tenaga hidrogen untuk kendaraan ini, untuk diaplikasikan pada sumber tenaga di rumah tangga.

Demonstrasi mobil hidrogen ini juga akan menampilkan teknologi Intelegent Personal Cockpit, sebuah kecerdasan buatan atau artificial intellegence lewat pengenalan interaksi suara pengemudi dan mobil.

Sebagai informasi, mobil hidrogen merupakan kendaraan yang bertenaga listrik yang dihasilkan dari sel bahan bakar. Meski sama-sama digerakkan dari motor listrik, mobil hidrogen tidak mengandalkan baterai sebagai komponen penggeraknya sebagaimana mobil listrik, mobil mengandalkan pengisian gas hidrogen di tangkinya untuk menggerakkan motor listrik. Sejumlah produsen mobil hidrogen juga memasang baterai listrik, namun hanya sebagai energi cadangan.

(idr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed