Jumat, 05 Jan 2018 10:30 WIB

Mengintip Proses Uji Tabrak Sebuah Mobil

Dina Rayanti - detikOto
1
Halaman 1 dari 4
Foto: ANCAP Foto: ANCAP
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Kecelakaan lalu lintas masih menjadi salah satu penyebab kematian. Lebih dari enam juta orang tewas setiap tahunnya, 20 persen diantaranya disebabkan oleh kecelakaan mobil. Dengan kata lain 1,25 juta orang tewas di jalan akibat kecelakaan mobil tunggal.

Itulah mengapa faktor keamanan mobil menjadi salah satu pertimbangan ketika seseorang hendak membeli mobil. Misalnya dengan melihat berapa bintang yang didapat mobil saat melakoni tes tabrak. Tapi di balik itu, belum banyak orang yang mengetahui lebih dalam lagi soal tes tabrak pada setiap mobil.

Foto: ANCAP


Berikut detikOto ulas soal tes tabrak yang harus dilalui oleh para pabrikan. Tes pun dilakukan di berbagai benua seperti Amerika, Eropa, dan juga Asia.

1. Tes Tabrak yang Berimbas ke Bagian Depan Mobil

Tes tabrak bagian depan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa parah jika sebuah mobil menabrak dari sisi depan. Tes dilakukan pada kecepatan 64 km/jam dan nantinya mobil akan menabrak sebuah tembok yang sudah disediakan.

Tembok tersebut seolah dibuat untuk menyerupai kejadian nyata saat mobil menabrak mobil lain di bagian depan. Secara teknis hanya sekitar 40 persen bagian depan mobil yang terimbas kalau kecelakaan terjadi mengenai bagian depan mobil. Mobil diisi oleh boneka di bagian sopir dan juga penumpang.

Nantinya ada nilai tersendiri berupa rating bintang jika boneka yang di dalam mobil tak mengalami kerusakan cukup parah. Misalnya, boneka yang paling sedikit lecet, pastinya menyatakan kalau mobil itu aman dan bisa saja mendapatkan lima bintang. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed