Rabu, 27 Des 2017 10:39 WIB

Airbag Takata Telan 18 Korban di Dunia

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Honda Tarik Mobil dengan Airbag Takata. Foto: Pool (Nikkei)
Jakarta - Hingga saat ini, airbag (kantung udara) Takata menjadi masalah recall terbesar para produsen mobil yang pernah ada di indsutri otomotif roda empat. Honda menjadi produsen yang produknya paling banyak memakan korban jiwa akibat airbag Takata.

Dilansir Carscoops, Rabu (27/12/2017), kantung udara Takata kembali menjadi penyebab adanya korban jiwa pengemudi yang menggunakan Honda Civic 2004.

Honda dan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) resmi mengumumkan bahwa kecelakaan yang mengakibatkan kematian itu diakibatkan inflator kantung udara Takata yang pecah.

Kecelakaan tersebut terjadi pada 10 Juli lalu, di Baton Rouge, Lousiana, saat itu korban menggunakan Honda Civic 2004 di bawah recall namun belum diperbaiki. Honda juga menemukan bahwa inflator Takata yang menyebabkan kematian itu tidak asli, bukan seperti yang dipasang di pabrik.

Untuk itu, dalam upayanya menyingkirkan pasar kantong udara bekas yang salah ini, Honda telah memindahkan lebih dari 100 ribu inflator di seluruh Amerika Serikat dan meminta situs lelang online mengehntikan penjualan kantung udara tersebut.

Tercatat setidaknya ada 18 korban jiwa dan 180 luka-luka di seluruh dunia akibat kasus airbag Takata. Dari 18 korban jiwa itu, 12-nya terjadi pada pengemudi mobil Honda. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com