Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 27 Desember 2017, 08:55 WIB

Bukan Taksi Biasa, Berminat Jadi Penumpangnya?

Ruly Kurniawan - detikOto
Bukan Taksi Biasa, Berminat Jadi Penumpangnya? Bukan Taksi Biasa, Berminat Jadi Penumpangnya? Foto: Pool (Motor1)
Jakarta - Akan berakhirnya kejuaraan rally Dunia, Skoda Fabia R5 memutuskan untuk melakukan pekerjaan tambahan untuk mengisi waktu luangnya dan mendaftar sebagai taksi di Praha. Menggunakan warna motorsport yang khas dan menambahkan tanda taksi di atapnya, mobil reli tersebut siap ngegas di jalanan ibu kota Republik Ceko.

Tak tanggung-tanggung, pemegang juara rally Ceko sebanyak lima kali, Jan Kopecký yang berada di belakang stir kemudinya, seperti dikutip Motor1. Ia mengendarai mobil tersebut sampai kecepatan 165 km (102 m) setelah membawa 23 penumpang ke tempat tujuan yang diinginkan. Wah, seru banget ya Otolovers!

Hal tersebut dilakukan Skoda demi menandai keberhasilan rally Fabia R5 setelah mendapatkan gelar di kategori WRC 2 dan memenangkan tidak kurang dari 14 gelar nasional dan regional lainnya. Mereka yang memiliki hak istimewa untuk duduk di kursi penumpang harus melakukan pekerjaan yang sama dengan koordinator Kopecký Pavel Dresler, yang berarti mereka harus membaca catatan kecepatan dan bahkan menyalakan wiper.

Ditagih sebagai mobil reli yang paling sukses di kategorinya, Skoda Fabia R5 memiliki dapur pacu jauh berbeda dari taksi pada umumnya. Menggunakan mesin bensin 1.6 liter turbocharge, ia mampu merilis sekitar 290 tenaga kuda dan torsi 310 pound-feet (420 Newton-meter).

Berbeda dengan Fabia front-wheel drive yang berjalan di jalan, model WRC2-spec memiliki pengaturan AWD yang menerima tenaga melalui gearbox berurutan lima kecepatan manual. Setelah bergerak hanya 1.230 kilogram (bobot minimum), mesin rally-spec yang berasal dari 1.8 TSI yang dibangun di China, mengubah Fabia R5 menjadi roket

Tanpa jok belakang dan bagasi yang kecil, nampaknya ini bukan taksi yang ideal ya, Otolovers. Tapi sepertinya akan menyenangkan berada dikursi penumpang rally itu, ya (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed