Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 13 Desember 2017, 16:29 WIB

Mulai Fokus di Mobil Listrik, Toyota Gandeng Panasonic

Dina Rayanti - detikOto
Mulai Fokus di Mobil Listrik, Toyota Gandeng Panasonic Logo Toyota. Foto: Ari Saputra
Toyota City - Toyota Motor Corporation baru saja mengumumkan kerja samanya dengan perusahaan baterai yang juga asal Jepang, Panasonic. Kerja sama tersebut adalah untuk mempelajari baterai berbentuk prisma yang nantinya bakal digunakan di industri otomotif dan tersemat di mobil listrik.

Selain itu kerja sama ini juga bertujuan untuk membantu mencari solusi terkait isu global seperti pemanasan global, polusi udara, cadangan Sumber Daya Alam yang semakin menipis, serta ketahanan energi.

"Elektrifikasi merupakan era baru di industri otomotif. Bekerja sama dengan Panasonic salah satu cara untuk memberikan kami kesempatan untuk nantinya bisa memimpin di industri otomotif ke depannya," kata CEO Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda dalam konferensi pers di Toyota City, Rabu (13/12/2017).

Toyota dan Panasonic sebenarnya sudah melakukan kerja sama sejak tahun 1953. Namun bisnis di dunia otomotif yang telah berubah membuat keduanya berpikir harus mengubah strategi agar bisa menjadi yang terdepan.

Toyota sendiri juga telah memiliki mobil yang mendukung era elektrifikasi sejak peluncuran Prius, mobil hybrid pertama di dunia pada tahun 1997 dan Mirai sebagai kendaraan Fuel Cell pada tahun 2014.

Kini, pabrikan mobil asal Jepang ini mulai mengembangkan deretan mobil-mobil ramah lingkungan mulai dari hybrid, plug-in hybrid, FCV, dan mobil listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat global.

"Toyota di posisi teratas soal teknologi hybrid. Penjualan 50 persen dari EV, FCEV, PHEV. Toyota punya line up full untuk mendorong elektrifikasi yang butuh baterai itulah salah satu alasan mengapa kami memperpanjang kerjasama dengan Panasonic," lanjut Toyoda. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed