Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 10 Desember 2017, 08:02 WIB

Toyota Segera Putuskan Lokasi Pabrik Baru di Amerika Utara

Ruly Kurniawan - detikOto
Toyota Segera Putuskan Lokasi Pabrik Baru di Amerika Utara Foto: Andhika Akbarayansyah
Texas - Tak mau kalah dengan mobil Eropa, Toyota bersama Mazda akan membangun pabrik perakitan mobil di Amerika Serikat pada kuartal pertama 2018 nanti.

Dikutip Reuters, Minggu (10/12/2017), CEO Toyota Amerika Utara Jim Lentz mengatakan pabrik tersebut menghabiskan investasi senilai US$ 1,6 miliar, namun lokasi finalnya belum pasti.

"Keputusan akhir belum dibuat," ujarnya.



Rencana Toyota dan Mazda untuk membangun pabrik baru di Amerika Serikat memang merupakan bagian dari gelombang investasi yang lebih luas dalam menambah kapasitas produksinya di Amerika Utara. Hal tersebut dikarenakan memang perkiraan permintaan kendaraan di A.S sedang tinggi.

Pabrik baru ini merupakan bagian dari penataan kembali keseluruhan produksi dan rantai pasokan Toyota di sana. Pabrik baru tersebut diharapkan dapat membangun SUV untuk Mazda dan mobil ikonik dari Toyota, Corolla. Sedangkan pabrik Toyota yang berada di Kanada juga akan mampu membangun SUV, tak hanya Corolla saja.



Namun pembangunan pabrik baru di kawasan Amerika Utara tergantung dari kebijakan Presiden AS Donald Trump. Karena, bila ia memutuskan untuk keluar dari perjanjian perdagangan bebas atau pun mengubah perjanjian tersebut antara Amerika Utara ke Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada, maka strategi dari kedua pabrikan Jepang tersebut akan runtuh.

"Saya pikir pemerintah akan membuat keputusan yang tepat," ujar Lents menanggapi hal tersebut.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed