Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 24 November 2017, 15:16 WIB

Tenaga Mesin Terios Lebih Kecil Tapi Lebih Irit BBM

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Tenaga Mesin Terios Lebih Kecil Tapi Lebih Irit BBM Mesin Terios (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Daihatsu Terios kini menggunakan mesin terbaru yang sama dengan Xenia, yakni 2NR-VE1.500 cc. Mesin menghasilkan tenaga 104 daya kuda dan torsi 136 Nm.

Jika melihat mesin Terios yang lama, tenaga dan torsi mengalami penurunan. Mesin Terios lama menghasilkan tenaga 109 tenaga kuda dan torsi maksimum 145 Nm.

Daihatsu sengaja menurunkan tenaga mesin rupanya agar emisinya kian kecil.

"Salah satu pertimbangan paling utama kami memakai mesin ini, satu mesin ini bisa diaplikasikan untuk emisi yang lebih lanjut yang lebih berat," ujar Research & Development Executive officer PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Pradipto Sugondo, kepada wartawan, di Jakarta.

Lalu faktor kedua Daihatsu memilih mesin tersebut adalah karena mengacu pada keinginan konsumen dari hasil survei yang dilakukan.

"Konsumen menginginkan fuel consumption yang lebih baik, jadi dari pertimbangan power sudah cukup sehingga kita, fokus kepada fuel consumption ini tapi tenaganya tidak akan berbeda dengan yang lama," tutur Pradipto.

Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra, menambahkan bahwa bukannya Daihatsu sengaja begitu saja menggunakan mesin dengan tenaga yang lebih rendah dari Terios yang lama. Namun memang Daihatsu selalu mengacu pada keinginan pasar, lewat survei yang mereka lakukan.

"Pada dasarnya mesin yang dihasilkan Daihatsu sangat powerful, tapi kita harus memilih apakah seperti yang lama tapi konsumsi rendah, hasil survei juga mengatakan konsumsi BBM sangat penting, walaupun sedikit performa tapi tetap optimal, jadi semua spek yang kita sediakan sudah memikirkan semua sisi, kalau disetting balik ke powerful bisa tapi lebih boros," jelasnya. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +