Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 22 November 2017, 15:37 WIB

Recall Airbag Takata Nissan Baru Rampung 21 Persen

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Recall Airbag Takata Nissan Baru Rampung 21 Persen Airbag Takata (Foto: M Luthfi Andika)
Ubud - Nissan Motor Indonesia (NMI) sejak 2016 sudah mengumumkan recall beberapa mobil terkait penggantian airbag Takata. Tapi, hingga saat ini belum semua mobil yang terkena recall diganti peranti airbag-nya.

Menurut General Manager Marketing Strategy Nissan Motor Indonesia (NMI) Budi Nur Mukmin, baru sebagian konsumen yang sudah ke bengkel untuk mengganti airbag Takata. Bahkan tak sampai setengah dari total mobil yang harus di-recall.

"Baru sekitar 21 persen yang memenuhi panggilan. Kalau angkanya nanti kita cek lagi karena saya tidak hapal," kata Budi di Ubud, Bali.

Makanya, Budi mengimbau agar konsumen segera datang ke bengkel resmi untuk segera mengganti airbag. Sebab, kampanye airbag ini menyangkut keselamatan.

"Kalau saya perkirakan karena konsumen males ribet. Sehingga mereka tidak hadir. Padahal ini penting, jika airbag sampai mengembang dan membahayakan penumpang," ujar Budi.

Penggantian komponen airbag, kata Budi, tak memakan waktu banyak. Hanya hitungan jam mobil sudah siap digunakan kembali.

"Konsumen cukup datang ke diler resmi, nanti airbag-nya diganti dengan non Takata, dan ini gratis," ucap Budi.

Untuk diketahui, Nissan pada bulan September tahun lalu telah mengumumkan melakukan penarikan sebanyak 53.766 unit mobil untuk diganti airbag Takata pada kursi pengemudinya. Beberapa model yang terkena penarikan ini yaitu Grand Livina, Livina, Livina X-Gear produksi April 2007-November 2013. Latio produksi Agustus 2006-Agustus 2009, dan Navara produksi Januari 2011-Desember 2014.

Jika dirinci jumlahnya, kendaraan yang tercakup dalam "voluntary recall campaign" ini adalah Nissan Grand Livina/Livina/X-Gear sejumlah 48.719 unit, Nissan Latio sejumlah 976 unit dan Nissan Navara sejumlah 4.071 unit. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +