Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 19 November 2017, 10:08 WIB

Seperti Mobil Novanto, Hanya Tabrak Tiang Airbag Tak Mengembang?

Ruly Kurniawan - detikOto
Seperti Mobil Novanto, Hanya Tabrak Tiang Airbag Tak Mengembang? Foto: Istimewa/detikcom
Jakarta - Sebagai pelengkap perangkat keselamatan (SRS atau Supplemental Restraint System), kantung udara atau biasa disebut airbag memiliki indikator tertentu untuk bekerja. Airbag dilengkapi oleh sensor yang mendeteksi perlambatan mobil seperti tertabrak. Lantas, berapa sih kecepatan yang bisa menyebabkan airbag mengembang?

GM Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM), Dedi Hendriadi mengatakan apabila mobil dalam keadaan normal atau tidak ada penambahan aksesoris maupun modifikasi, airbag akan mengembang apabila mobil membentur benda diam dan kokoh pada percepatan 30 km/jam.

"Di buku manual itu ada, tertulis lengkap tentang airbag seperti apa. Dia ada sensor yang mendeteksi perlambatan seperti tertabrak misalkan dari kecepatan tertentu, ia langsung turun ke 0 km/jam secara cepat. Nah, jadi apabila mobil dalam keadaan normal, airbag akan mengembang pada percepatan 30 km/jam ketika mobil menabrak benda diam dan kokoh seperti tembok," ungkap Dedi.

Namun, dirinya menambahkan bahwa terdapat pula beberapa hal yang mengakibatkan airbag tidak mengembang seperti menabrak benda bergerak, ngolong truk (menabrak truk namun hanya bagian depan atasnya yang terkena), menabrak benda berbidang kecil seperti tiang, hingga modifikasi.

"Iya, menabrak tiang itu bisa membuat indikator percepatan untuk mengembangnya airbag berubah bahkan tidak bekerja karena bidangnya itu kecil dibandingkan tembok maka perlambatannya tidak cukup," ucap Dadi.

"Faktor modifikasi juga bisa jadi seperti menambah aksesoris dan pelindung di bemper entah diberi besi, dijadikan lebih tebal, dan lainnya. Karena dari hasil modifikasi tersebut, ia akan mempengaruhi perlambatan dan dampak," tambahnya.

Diketahui, kemarin malam ketua DPR RI Setya Novanto mengalami kecelakaan. Diucapkan pengemudinya saat itu, Hilman Mattauch, mobil Toyota Fortuner model TRD Sportivo 2.5L VNT produksi 2012 yang Setya Novanto tumpangi menabrak tiang lampu dengan kecepatan 70 km/jam. Tersangka mega proyek e-KTP itu terluka parah sampai benjol sebesar bakpao. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +