Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 10 November 2017, 16:01 WIB

Karpet Merah All New Honda Freed ke Indonesia Digulung

Ruly Kurniawan - detikOto
Karpet Merah All New Honda Freed ke Indonesia Digulung Honda Freed (Foto: response)
Jakarta - Karena perbedaan selera dan infrastruktur penunjang di tiap negara, beberapa kendaraan ada yang tidak dibawa dan dijual pada pasar tertentu. Seperti halnya Honda yang enggan membawa Freed terbaru ke Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia. Menurutnya, eksistensi dan popularitas mobil kotak di Indonesia hanya memiliki sedikit peminat daripada roda empat lainnya.

"Bukan dikalahkan (popularitas Freed) oleh yang lain, tapi memang konsumennya tidak terlalu banyak untuk itu. Misalkan saja BRV, Mobilio, Brio RS atau HRV, tiga itu kan bisa 10 ribuan kadang-kadang (penjualannya), nah kalau Freed kan paling hanya 1.000," papar Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor saat ditemui oleh wartawan di Jakarta Barat.

Oleh karenanya, segmentasi Honda Freed di Indonesia dibagi ke beberapa model seperti Honda CR-V, HR-V, BR-V, dan Honda Mobilio. "Melihat dari survei, mobil kotak itu masih ada tapi tidak sebesar mobil lainnya. Sehingga kalau kita memasukkan Honda Freed, justru sayang," lanjut Jonfis.

"Ada sih beberapa konsumen kecewa Honda Freed baru tidak kita bawa. Tapi kita nilai sampai sekarang belum ada benefit untuk konsumennya dari sisi harga, kapasitas, dan sebagainya," tambahnya.

Tidak populernya mobil berbentuk kotak di Indonesia karena faktor historis dan selera. Di sini, mobil MPV dan hatchback yang stylish-lah yang memegang pasar besar.

"Karena history-nya sih kenapa mobil kotak tidak terlalu diminati, bahkan sampai yang bagus sekalipun seperti Jeep. Ada sih peminatnya, yang fanatik, tapi kecil," tutup Jonfis.

Untuk diketahui, Honda sudah meluncurkan Freed generasi baru. All-new Honda Freed dibekali dengan dua pilihan mesin yaitu 1.5-liter i-VTEC DOHC dan Sport Hybrid i-DCD berteknologi Integrated Motor Assist (IMA). Teknologi ini telah digunakan pada Honda CR-Z dan berfungsi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

All-new Honda Freed memiliki dimensi panjang 4.250mm, lebar 1.695mm dan tinggi 1.710mm untuk bisa mengangkut 6-penumpang. Dimensi ini diharapkan cukup untuk membuat para konsumennya merasa nyaman berada di mobil selama perjalanan. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +