Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 03 November 2017, 14:48 WIB

Lapoan dari Jepang

Toyota Mega Web, Melihat Mobil Baru dan Mobil Jadul Sekaligus

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota Mega Web, Melihat Mobil Baru dan Mobil Jadul Sekaligus Toyota Foto: Rangga Rahadiansyah
Tokyo - Jika Anda berkunjung ke Jepang, tak ada salahnya datang ke Toyota Mega Web. Toyota Mega Web merupakan situs yang menjadi daya tarik bagi pencinta otomotif yang datang ke Jepang.

Terletak di Odaiba, Tokyo, Jepang, Toyota Mega Web menyediakan suguhan menarik. Ada beberapa wilayah yang bisa dikunjungi selama berada di Toyota Mega Web. Mau lihat mobil-mobil terkini Toyota, Anda tinggal masuk ke Toyota City Showcase, atau mau melihat mobil-mobil klasik zaman dahulu, Anda bisa masuk ke History Garage.

Saya berkesempatan untuk mengunjungi Toyota Mega Web beberapa waktu lalu dalam rangkaian acara Toyota Tokyo Motor Show Trip 2017 atas undangan Toyota Indonesia. Fasilitas Toyota City Showcase di Toyota Mega Web, sebuah situs ruang pamer mobil Toyota terbesar, menjadi destinasi pertama saya.

Masuk ruang pamer Toyota City Showcase, kami disuguhkan puluhan mobil Toyota. Di ruang pamer ini, pengunjung bisa melihat secara langsung dan duduk di dalam mobil yang disukanya.

Di sana, Toyota memajang mobil-mobil seperti Prius, Corolla Fielder, Yaris atau di Jepang dijual dengan nama Vitz, Esqure, Voxy, hingga Crown. Di sana juga ada sudut khusus mobil SUV dan pikap yang menampilkan FJ Cruiser sampai Hilux.
Tak ketinggalan mobil Toyota versi lebih keren dengan sentuhan TRD, Modellista, dan Gazoo Racing.

Naik ke lantai dua, ada mobil jadul dan konsep Toyota. Di lantai dua, fasilitas ini memajang mobil Toyoper Crown Model RS 20 lansiran 1959. Juga ada taksi jadul dan taksi terbaru, Toyota JPN Taxi.

Di lantai ini, selain ada konsep dan mobil jadul, ada juga mobil yang telanjang tanpa bodi. Mobil itu memperlihatkan platform terbaru Toyota, yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA) yang akan menjadi basis mobil-mobil terkini Toyota. Juga ada konsep mobil masa depan FCV Plus yang sempat mampir ke Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan konsep FV2.

Puas melihat-lihat fasilitas Toyota City Showcase, saya menyeberang ke gedung sebelahnya. Di sana terdapat History Garage. Sebelum tiba di History Garage, Anda juga bisa berbelanja di sana. Terdapat banyak toko fashion dan olahraga di sana.

Masuk ke History Garage dari lantai 2, saya langsung disambut oleh Prius generasi pertama lansiran 1997. Toyota Prius merupakan mobil hybrid pertama dari Toyota yang pertama kali dibuat 20 tahun lalu.

Di fasilitas ini, tak hanya ada mobil Toyota. Ada juga mobil-mobil bersejarah lainnya. Ada Locomobile Steam Car tahun 1899 yang diimpor ke Jepang pada 1902, Cadillac Model A tahun 1902, Franklin Series 9-B 1918, hingga Benz Patent Motorwagen 1886. Selain mobil berukuran penuh, ada juga diecast mobil jadul berbagai ukuran.

Yang unik adalah ada replika mobil Buick tahun 1973 bertenaga arang. Di Jepang, ketika bensin langka selama dan setelah Perang Dunia II, banyak mobil dikonversi sehingga menjadi kendaraan bertenaga bahan bakar pengganti. Kendaraan itu menggunakan kayu atau arang sebagai bahan bakarnya.

Di lantai bawah, masih ada History Garage. Di lantai ini terdapat mobil-mobil balap legendaris Toyota. Mobil balap yang dipajang di sini beragam, dari Toyopet Crown RSD tahun 1957, Celica GT-Four, hingga Corolla WR-Car mejeng di sini.

Toyota Mega Web bisa dinikmati siapa saja. Dan yang paling penting, Anda bisa berkunjung sepuasnya ke fasilitas ini tanpa dipungut biaya. (rgr/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed