Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 30 Oktober 2017, 11:01 WIB

Laporan dari Yokohama

Bisakah Teknologi Semi-Otonom Lexus Dibawa ke Indonesia?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bisakah Teknologi Semi-Otonom Lexus Dibawa ke Indonesia? Foto: Rangga Rahadiansyah
Yokohama - Lexus saat ini memiliki fitur semi-otonom canggih. Mobil mewah Lexus LS 500h sudah dibekali paket Lexus Safety System + A.

Beberapa di antara fitur itu termasuk Lane Tracing Assist (LTA) yang menjaga mobil tetap berada di jalurnya di jalan tol, Lane Change Assist (LCA) yang membiarkan mobil pindah jalur di jalan tol, dan Parking Support Brake yang akan membuat mobil mengerem otomatis saat membaca ada halangan ketika parkir.

Fitur itu sudah dikenalkan di Lexus LS 500h yang dijual di Jepang. Lantas, apakah fitur itu akan dibawa ke Indonesia?

"Lalu lintas di setiap negara berbeda-beda. Di Indonesia itu banyak sekali motor," kata Seigo Kuzumaki, Chief Safety Technology Officer Secretary, Executive General Manager Advanced R&D and Engineering Company Toyota motor Corporation, di rangkaian Toyota Tokyo Motor Show Media Trip di Yokohama, Jepang.

Terlebih, pemotor itu sering kali selap-selip di depan mobil. Khawatirnya, sistem pada mobil akan membaca itu sebagai halangan sehingga sulit diterapkan.

"Jadi kami harus melihat situasi sebelum mengenalkan teknologi itu di luar Jepang," ujarnya.

Untuk diketahui, mobil Lexus LS 500h ini bukanlah mobil otonom sepenuhnya. Mobil ini hanya dibekali fitur semi-otonom yang membantu pengemudi. Pengemudi masih sangat dibutuhkan untuk mengendalikan mobil. Kalau dikategorikan, ini menjadi mobil otonom sebagian yang masuk dalam level 2.

"Di mobil ini ada beberapa sensor, radar, dan kamera," ucapnya. (rgr/dry)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed