Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 16 Oktober 2017, 15:49 WIB

Sistem Pembayaran Tol di Berbagai Negara

Dina Rayanti - detikOto
Sistem Pembayaran Tol di Berbagai Negara Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Di berbagai negara sistem pembayaran tol berbeda-beda. Mulai dari yang canggih hingga masih yang konvensional. Indonesia saat ini bakalan mulai beralih ke sistem pembayaran yang lebih canggih yakni menggunakan uang elektronik yang mulai diterapkan serentak pada 31 Oktober mendatang.

Pengendara tak perlu lagi menyiapkan uang receh untuk masuk ke tol. Pembayaran tol menggunakan uang elektronik yang bisa diisi di ATM atau di beberapa gardu tol.

Sebenarnya hal ini bukan baru, di beberapa negara sudah juga menerapkan hal serupa. Berdasarkan pengalaman detikOto saat nyetir di beberapa negara hal itu sudah lama dilakukan.

Di negara tetangga Malaysia misalnya juga sudah menggunakan uang elektronik saat membayar tol. Namun tidak semua, masih ada beberapa gardu tol yang bisa dilewati dengan membayarkan uang tunai. Malaysia rencananya akan memasang sistem RFID di plat nomor yang nantinya terintegrasi dengan sistem pembayaran tol.



Jalan tol MalaysiaJalan tol Malaysia Foto: Istimewa


Pengendara tak perlu membuka jendela lagi karena bisa otomatis terbuka dengan sensor yang tertangkap oleh alat di gardu tol.

Serupa dengan Malaysia, salah satu negara di Benua Biru Eropa juga menerapkan hal serupa. Tidak semua gardu tolnya menggunakan uang elektronik. Masih ada beberapa gardu tol yang memang disediakan khusus untuk mereka yang hanya memiliki uang tunai.

Petunjuk arah di tol Milan, ItaliaPetunjuk arah di tol Milan, Italia Foto: Dadan Kuswaraharja

Jadi di Eropa, di gerbang tolnya tersedia banyak gardu dengan beraneka cara pembayaran. Ada yang cash (ada petugas jalan tolnya), ada yang membayar dengan kartu baik itu kredit atau debit, ada juga dengan on board unit. Pilihan yang banyak pun akhirnya akan mengurangi kemacetan di gerbang jalan tol.

Di Dubai, pengendara biasanya memiliki kartu elektronik untuk membayar tol yakni kartu salik.

(dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed