Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 25 September 2017, 14:52 WIB

Fiat dan Hyundai Bersatu?

Dina Rayanti - detikOto
Fiat dan Hyundai Bersatu? Foto: Rangga Rahadiansyah
Turin - Fiat Chrysler Automobile sebelumnya dikabarkan menyerah dalam mencari partner mergernya di Amerika dan China. Rumor terbaru mengatakan Fiat saat ini sedang menggali kemungkinan digaet oleh produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai.

CEO FCA Sergio Marchionne sudah mencari saiap yang berminat membeli perusahaannya. Namun perusahaan-perusahaan besar seperti GM hingga VW menolak tawaran tersebut.


Perusahaan mobil asal China Great Wall kemudian dikabarkan berminat membeli FCA tetapi kembali gagal. Sejak gagal dipinang perusahaan China barulah muncul Fiat akan dibeli oleh Hyundai.

Merger dengan Hyundai akan membuat keduanya menjadi perusahaan otomotif terbesar di dunia. Jika ditotal keduanya mampu menjual 11,5 juta unit mobil tahun lalu. Sebagai perbandingan tahun lalu VW menjual 10,3 juta unit mobil diikuti Toyota 10,2 juta unit, dan GM 10 juta unit.

Merger antara FCA dan Hyundai bisa menguntungkan keduanya terutama soal model. Hyundai sudah dikenal dengan produksi mobil-mobil berukuran kecil hingga menengah. Tak memiliki model SUV atau truk yang banyak menambah derita Hyundai di Amerika.

Sementara FCA memiliki deretan mobil-mobil berukuran menengah hingga besar seperti Jeep dan Dodge. Dengan merger bisa mengisi kekosongan masing-masing.

Dikutip dari The Drive, Senin (25/9/2017) Hyundai saat ini masih menolak untuk berkomentar soal merger dengan FCA. Tapi itu sudah diprediksi karena memang Hyundai sudah dikenal enggan mengumumkan rencana masa depannya. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed