Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 20 September 2017, 12:44 WIB

Wuzz! Bayar Tol Lebih Cepat Pakai OBU

Dina Rayanti - detikOto
Wuzz! Bayar Tol Lebih Cepat Pakai OBU Foto: Dina Rayanti
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Beberapa jalan tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (persero) sudah mulai menerapkan sistem pembayaran tol non tunai menggunakan e-money. Adanya aturan baru tersebut membuat kemunculan alat bantu penempelan kartu di mesin reader gerbang tol atau yang lebih dikenal dengan Tongtol.

Padahal sebenarnya ada alat bernama On Board Unit (OBU) yang memudahkan pengendara untuk membayar tol. Pengendara tak perlu repot-repot lagi membuka kaca jendela hanya tinggal lewat saja dan palang gerbang akan terbuka dengan sendirinya.

Namun belum semua gerbang tol menerapkan hal itu. Memang ada gerbang khusus bagi pengguna OBU dan jumlahnya masih sangat minim. Tetapi ternyata OBU tak hanya bisa digunakan di gerbang khusus OBU saja lho.

Ada beberapa gerbang tol e-toll biasa yang bisa dilewati pengendara tanpa harus membuka jendela. Jika diperhatikan ada sensor yang berada di tengah atas gerbang sehingga pengguna OBU bisa langsung melaju tanpa harus membuka jendela.

detikOto sendiri sudah mencobanya. Ada beberapa gerbang yang sudah mulai menerapkan namun tidak di semua gerbang seperti Cawang, Semanggi, Pondok Gede Timur, Jatiwaringin, Halim, Ampera, dan masih ada yang lainnya.

Selain tak perlu repot membuka jendela, pengendara juga bisa mengecek saldo yang ada di mesin OBU dan tentunya waktu yang dibutuhkan lebih cepat. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +