Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 15 September 2017, 14:23 WIB

Mazda Pakai Platform Mobil Listrik Toyota pada 2020?

Dina Rayanti - detikOto
Mazda Pakai Platform Mobil Listrik Toyota pada 2020? Toyota Beraliansi dengan Mazda (Foto: Toyota)
Tokyo - Merek Mazda saat ini masih terhitung sebagai produsen mobil berskala kecil secara global. Melihat dari produksinya, Mazda hanya memproduksi 1,6 juta unit mobil per tahunnya.

Apalagi kalau dibandingkan dengan empat penguasa di dunia otomotif seperti GM, Nissan-Renault, Toyota, dan VW Group yang memproduksi 10 juta mobil per tahun, Mazda belum ada apa-apanya.

Saat ini dunia otomotif tengah disibukkan dengan pengembangan mobil listrik dan juga hybrid. Hal serupa juga mulai dilakukan Mazda. Hal itu terlihat dalam rencana jangka panjang teknologi Mazda, seperti dilansir Green Car Reports.

Mazda rencananya akan meluncurkan baterai mobil listrik pada tahun 2019. Bahkan kabarnya dengan adanya aliansi dengan Toyota, mobil listrik Mazda akan berbagi platform dengan Toyota.

CEO Toyota Akio Toyoda memang diketahui menjadi kepala pengembangan mobil listrik massal Toyota untuk pertama kalinya. Pada Agustus lalu Toyota dan Mazda mengumumkan mereka akan membangun pabrik perakitan di Amerika dan memperluas pengembangan teknologi di antara keduanya.

Dengan kata lain, selagi Mazda mengembangkan mobil bermesin konvensional, Toyota akan terus mengembangkan teknologi listrik yang nanti bisa digunakan juga oleh Mazda di mobilnya. Mazda sendiri percaya bahwa mobil bermesin konvensional masih memiliki porsi besar hingga tahun 2040. (dry/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed