Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 08 September 2017, 18:31 WIB

Laporan dari Jepang

Dijual Sekitar Rp 400 Juta, Nissan LEAF Tantang Mobil Listrik Ini

Firdaus Anwar - detikOto
Dijual Sekitar Rp 400 Juta, Nissan LEAF Tantang Mobil Listrik Ini Dijual Sekitar Rp 400 Juta, Nissan LEAF Tantang Mobil Listrik Ini Foto: Firdaus Anwar
Jakarta - Mobil listrik terbaru Nissan LEAF dijual mulai dari sekitar Rp 400 juta off the road. Mengusung teknologi mutakhir, LEAF pun diusung untuk menjadi mobil listrik penumpang terlaris di dunia.

Lalu apa saja yang akan jadi lawan Nissan LEAF untuk meraih gelar tersebut? Untuk saat ini karena pasar masih sangat terbuka, LEAF hanya memiliki beberapa kompetitor seperti sebut saja Chevrolet Bolt dan Tesla Model 3.

Sebagai perbandingan, Chevrolet Bolt dijual dengan harga sekitar Rp 500 juta off the road sementara Tesla Model 3 dijual mulai dari sekitar Rp 460 juta juga off the road.

Pada Tesla Model 3 fitur andalannya adalah sistem kemudi otonomi di mana mobil dapat bermanuver dengan aman tanpa disetir karena dilengkapi sensor pintar. Sementara itu pada Chevrolet Bolt mobil menganut sistem one-pedal driving di mana akselerasi dan pengereman dapat dilakukan hanya dengan satu pedal saja untuk menghemat energi.

Nah pada LEAF Executive Vice President, Global Marketing and Sales Nissan, Daniele Schillaci mengatakan fitur-fitur yang ada pada kompetitor itu sudah dimiliki semua dan menjadi satu kesatuan. LEAF punya tiga fitur andalan yaitu ProPilot, Propilot Park, dan e-pedal.

Propilot dan ProPilot Park membantu pengemudi mengendalikan mobil secara otomatis ketika sedang berkendara ataupun parkir. Sementara e-Pedal membuat mobil dapat berakselerasi atau berhenti hanya dengan satu pedal saja dan juga menghemat energi.

"LEAF yang baru merangkul semua fitur ini sebagai satu kesatuan. Produsen lain ada yang memikirkan sistem otonomi tetapi tidak pada kelistrikannya, ada yang memikirkan kelistrikan tetapi tidak sistem otonominya," kata Daniele saat ditemui di Tokyo dan ditulis pada Jumat (8/9/2017).

Dilihat singkat LEAF punya nilai plus harga dan fitur yang lebih lengkap dari dua kompetitornya saat ini. Namun dari segi baterai LEAF masih tertinggal karena disebut hanya mampu menempuh jarak hingga 241 kilometer (km) dalam pengetesan di Amerika serikat untuk sekali pengisian sementara Model 3 bisa sampai 499 km dan Bolt sampai 383 km. (fds/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed