Senin, 04 Sep 2017 06:40 WIB

Lebih Maju, Singapura Terapkan Standar Emisi Euro6

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Patung Merlion Singapura (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikTravel) Patung Merlion Singapura (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikTravel)
Singapura - Singapura beberapa langkah lebih maju dibanding Indonesia. Negara itu malah sudah menerapkan standar emisi Euro6.

Indonesia baru mau beralih dari Euro2 ke Euro4, meski saat ini masih menganut Euro2. Berbeda jauh, per 1 September 2017 kemarin Singapura sudah menerapkan standar emisi Euro6, standar yang biasanya diterapkan di negara-negara Eropa.

Dilaporkan Straits Times, Senin (4/9/2017) regulasi Euro6 berlaku untuk kendaraan-kendaraan keluaran baru. Untuk kendaraan yang sudah beredar di jalan raya tidak terpengaruh dengan kebijakan baru ini.

Disebutkan, Honda Mobilio, Suzuki Sift, Suzuki S-Cross, Hyundai Volester dan seluruh model Chevrolet juga belum memenuhi standar Euro6 di Singapura.

Penerapan Euro6 ini baru berlaku untuk mesin bensin. Untuk Euro6 mesin diesel akan berlaku 1 Januari tahun depan.

Menurut beberapa agen pemegang merek otomotif di Singapura, mereka akan membawa kembali kendaraan Euro6 ke negeri itu. Namun beberapa model malah keluar dari pasar Singapura. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com