Indonesia Jangan Cuma Jagoan Bikin MPV

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Rabu, 30 Agu 2017 08:46 WIB
Pabrik mobil di kawasan Cikarang (Foto: M. Ridho)
Jakarta - Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) menjadi primadona di pasar roda empat di Indonesia. Indonesia pun menjadi basis produksi mobil MPV.

Hal tersebut merugikan Indonesia di penjualan ekspornya, karena mobil MPV hanya laku di Indonesia. Sedan masih menjadi incaran terbanyak di pasar global, sebaliknya di Indonesia pasar sedan masih melempem.

Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto, mengatakan jika hanya fokus pada produksi MPV, maka penjualan ekspor akan terjegal.

"Tujuan akhirnya kita mau ekspor banyak. Mau ekspor banyak ya produksi dong, bagaimana memproduksi? Ya volumenya tinggi, bagaimana volume tinggi? Ya kalau mobilnya dibeli orang, bagaimana dibeli orang? Kalau harganya terjangkau, kan kuncinya di situ," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Lanjut Jongkie mengatakan, jangan hanya sekadar membuat adanya penurunan pajak, namun harus melihat nilai lebih dari itu.

"Mesti kita lihat ujung paling kanannya apa, ekspor. Jadi kita mau menambah tadi Indonesia ini sebagai basis produksi, tidak hanya MPV, tapi tambah sedan, SUV, pick-up, supaya apa? Ujungnya tadi kita bisa ekspor," tutupnya.

(khi/ddn)