Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 29 Agustus 2017, 09:06 WIB

Mampukah Ignis Kembalikan Kejayaan City Car?

Dina Rayanti - detikOto
Mampukah Ignis Kembalikan Kejayaan City Car? Suzuki Ignis (Foto: Ruly Kurniawan)
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Sejak kehadiran mobil LCGC (Low Cost Green Car) mobil-mobil di segmen city car seolah turun pamor. Jumlah penjualannya di Indonesia pun juga terus turun terlebih di sepanjang 2017 ini.

Seperti terlihat dari datawholesales (pabrik ke diler) milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diterimadetikOto.
Jika dibandingkan dengan LCGC pun jumlahnya cukup jauh. Sepanjang Januari hingga Juli tahun ini misalnya, model LCGC berhasil terjual 141.501 unit sementara city car hanya 18.402 unit saja.
Ada sekitar sembilan model city car yang ditawarkan di Indonesia. Jika sebelumnya model terlaris dipegang oleh Honda Brio, kini Brio mendapat saingan baru dari Suzuki lewat Ignis. Penjualan Ignis terbilang baik karena sejak diluncurkan lima bulan lalu pada Maret, 7.102 unit Ignis laris di pasaran.

Sementara Brio menempati posisi kedua dengan 6.314 unit. Nissan March yang mendapat sedikit penyegaran di tahun lalu hanya terjual 1.627 unit.

Berbeda dengan LCGC, walaupun model yang ditawarkan hanya tujuh saja namun jualan keseluruhannya ada yang mencapai puluhan ribu unit.
LCGC berkapasitas 7 penumpang Toyota Calya masih memimpin dengan 46.167 unit. Menguntit di posisi kedua terdapat Honda Brio Satya dengan 23.430 unit terjual. Melengkapi posisi ketiga terdapat kembaran Calya, Daihatsu Sigra yang terjual sebanyak 22.820 unit.
(dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed