Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 21 Agustus 2017, 17:13 WIB

Pemerintah Siapkan Program Agar Mobil Mahasiswa Bisa Diproduksi

Dina Rayanti - detikOto
Pemerintah Siapkan Program Agar Mobil Mahasiswa Bisa Diproduksi Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Hingga saat ini mobil prototype buatan mahasiswa Indonesia belum ada yang mencapai tahap produksi massal. Yang terakhir justru bukan buatan mahasiswa, melainkan karya anak-anak SMK di Solo namun sampai sekarang belum terdengar lagi kabarnya.

Saat ini pemerintah lewat Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) mengaku sedang menyiapkan program mobil listrik nasional (Molina) yang diharapkan bisa mengaspal di jalan-jalan RI pada 2020.

Agar tidak berhenti di mobil konsep saja, pemerintah kini sedang berupaya untuk meningkatkan kualitas teknologi dari mobil-mobil buatan mahasiswa.

"Ristek dikti itu tugasnya di dalam riset teknologi ini harus meningkat pada level 6, ini belum sampai level 6 kalau sudah level 6 kami akan undang Kementerian Perindustrian untuk melakukan sertifikasi supaya masuk di industri masuk di level 7,8 kalau 9 sudah industri," ungkap Menristek Dikti Muhammad Nasir di Bogor beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Kemenristek Dikti saat ini tengah menggandeng lima Perguruan Tinggi Negeri dalam rangka mengembangkan Molina.

Kelima perguruan tinggi tersebut adalah ITB, UI, UNS, UGM, dan ITS. Diharapkan Molina bisa diuji performa selambat-lambatnya awal 2018. (dry/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed