Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 20 Agustus 2017, 13:03 WIB

Pemerintah Siapkan Mobil Listrik Buatan Anak Bangsa, Dipesan 2020

Dina Rayanti - detikOto
Pemerintah Siapkan Mobil Listrik Buatan Anak Bangsa, Dipesan 2020 Foto: Agung Pambudhy
Bogor - Mobil listrik sebenarnya bukan hal baru buat di Indonesia. Yang terakhir dan terbaru mungkin karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) lewat Ezzy ITS II. Namun mobil tersebut belum diproduksi massal baru sekadar prototope saja.

Mobil listrik di Indonesia pun seolah tak berkembang karena terbentur oleh regulasi. Tetapi agar mobil ramah lingkungan itu bisa berkembang, baru-baru ini Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar mobil listrik bisa dikembangkan di Tanah Air agar tidak tertinggal dengan negara-negara lain dan bisa cepat mengurangi emisi gas karbon.

Saat ini Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) tengah menyiapkan mobil listrik buatan anak bangsa yang siap diuji dalam waktu dekat.

"Kami tengah uji namanya Molina (Mobil Listrik Nasional) kami ada lima perguruan tinggi untuk menyelesaikan Molina, di mana lima ITB, UI, UNS, UGM, ITS. Ini masuk dalam satu paket menyelesaikan mobil listrik," ungkap Menristek Dikti, Muhammad Nasir di Bogor.

Menurut Nasir, Molina tersebut sudah ada tetapi belum menjalani serangkaian tes kelaikan bisa dikendarai di jalan atau tidak,

"Sudah dibuat tapi belum tahap uji, uji performance-nya belum. Saya rencana uji performance di akhir 2017 atau di awal 2018 harapan saya 2020 sudah di-order," tutur Nasir. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed