Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 08 Agustus 2017, 09:47 WIB

Toyota Prius Jadi Raja Mobil Hybrid Sejagat Raya

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Toyota Prius Jadi Raja Mobil Hybrid Sejagat Raya Foto: Toyota
Toyota City - Memasuki umur 20 tahun, Toyota Prius plug-in hybrid baru-baru ini dinobatkan sebagai kendaraan plug-in hybrid terlaris sejagad raya. Toyota berhasil mencatatkan sejarah dengan produksi mobil hybrid mencapai 10 juta unit pada awal 2017.

Dilansir Autoevolution, Selasa (8/8/2017), konsep prius generasi pertama dikenalkan untuk pertama kalinya pada 1995 dan mulai dipasarkan akhir 1997 di Jepang. Sampai hari ini, Prius menjadi kendaraan hybrid terlaris yang pernah ada.

Volume bensin yang diselamatkan oleh produk hybrid Toyota dalam periode 20 tahun sejak 1997 mencapai 1,5 juta kali perjalanan di seluruh dunia. Sedangkan efisiensi CO2 diperkirakan mencapai 77 juta ton karbon dioksida, cukup untuk 15,4 triliun minuman bersoda untuk mengisi gedung Empire State, salah satu gedung tertinggi di dunia.

Awal perjalanan hibridisasi otomotif dari Toyota dimulai sejak 1990-an. Saat itu Toyota mengadakan diskusi internal mengenai kendaraan untuk abad ke-21 yang akan mencapai efisiensi bahan bakar yang inovatif.

Bahkan Kepala Proyek G21 Honcho, Takeshi Uchiyamada menetapkan target peningkatan efisiensi menjadi 1,5 kali lipat lebih tinggi dari mesin konvensional. (khi/dry)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed