Senin, 31 Jul 2017 09:56 WIB

Asal Bunyikan Klakson Bisa Didenda Rp 17,5 Juta di Negara Ini

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Rachman Haryanto
Dublin - Membunyikan klakson ternyata tak bisa sembarangan. Bunyi klakson bahkan bisa berpengaruh ke psikologis seseorang. Di Irlandia misalnya, membunyikan klakson pun ada aturannya.

Dari sebuah survei yang dilakukan oleh Warranty Direct kepada 1.000 pengendara, ditemukan sekitar 38 persen pengendara yang mengetahui aturan penggunaan klakson seperi dilansir The Sun, Senin (31/7/2017).

Padahal, salah-salah membunyikan klakson, pengendara justru bisa didenda hingga 1.000 Poundsterling atau sekitar Rp 17,5 juta.

Berdasarkan aturan lalu lintas yang berlaku disana, membunyikan klakson hanya bisa diklakukan saat mobil akan berpindah jalur. Dengan begitu, pengendara lain menyadari bahwa ada kendaraan lain yang berada di dekatnya sehingga bisa lebih hati-hati.

Dalam aturan tersebut juga tertulis bahwa membunyikan klakson tak boleh sering-sering karena ini bukan merupakan alarm peringatan tanpa alasan yang jelas.

Sebagai informasi, para pengendara disana boleh membunyikan klakson di luar jam 11.30 malam hingga jam 7 pagi. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com