Jumat, 28 Jul 2017 07:33 WIB

2040, Mobil Bensin dan Diesel Dilarang Melintas di Inggris

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Newspress Foto: Newspress
London - Mobil bermesin bakar tampaknya tak dibutuhkan lagi di masa depan. Dengan berbagai macam pilihan teknologi alternatif, mobil konvensional dianggap lebih kotor.

Kini, mobil yang lebih ramah lingkungan ditawarkan dalam bentuk mobil hybrid, listrik sepenuhnya atau bahkan mobil bertenaga hidrogen. Pemerintah Inggris Raya pun ingin membatasi mobil yang lebih kotor.

Diberitakan Telegraph, Jumat (28/7/2017), Pemerintah Inggris Raya berkomitmen untuk melarang penjualan mobil diesel dan bensin pada 2040. Ini merupakan upaya untuk mendorong masyarakatnya beralih ke kendaraan hybrid atau listrik yang lebih ramah lingkungan.

Analis di Inggris menemukan, 48 dari jalan yang paling tercemar ada di London. Lainnya teridentifikasi di Birmingham, Derby, Leeds, Nottingham, Southampton, Bristol, Bolton, Manchester, Bury, Coventry, Newcastle, Sheffield, Belfast, Cardiff dan Middlesborough.

"Rencana kami untuk menangani mesin diesel yang kotor akan membantu membersihkan emisi. Secara keseluruhan, kami menginvestasikan 3 miliar poundsterling untuk mengatasi dampak polusi di jalan dan mendukung inisiatif transportasi ramah lingkungan," kata juru bicara pemerintah Inggris.

Kendaraan diesel di Inggris telah meningkat dari 3,2 juta unit di tahun 2000 menjadi 10 juta saat ini. Sayangnya, kendaraan diesel mengeluarkan nitrogen dioksida berbahaya yang dapat meningkatkan risiko stroke, serangan jantung dan serangan asma.

Langkah Inggris ini menyusul Prancis yang sudah mengeluarkan larangan serupa pada tahun 2040. Keputusan produsen mobil seperti Volvo yang akan mengurangi mobil BBM dan meluncurkan mobil listrik pada 2019 membuat Prancis yakin dengan kebijakan itu.

Wah bagaimana jika Indonesia menerapkan hal yang serupa? (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com