Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 14 Juli 2017, 10:29 WIB

Jualan Mobil Turun, Avanza Masih Jadi Primadona Toyota

Ruly Kurniawan - detikOto
Jualan Mobil Turun, Avanza Masih Jadi Primadona Toyota Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Pasca lebaran tahun ini penjualan mobil merek Toyota, tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan. Bahkan tercatat sejauh ini pertumbuhan penjualannya mengalami penurunan dibandingkan tahun kemarin.

"Pasca lebaran dalam beberapa tahun terakhir memang tidak mentrigger market secara signifikan. Karena mungkin masyarakat bisa melihat kalau ia bisa beli mobil setiap waktu," Ujar Chief Marketing Auto2000, Martogi Siahaan dalam cara Halal bi Halal.

Ia juga menjelaskan bahwa rangsangan market yang signifikan pada momen lebaran terjadi sekitar empat tahun silam. Meskipun begitu, penjualan kali ini tidak terjadi penurunan yang sangat dalam pada penjualannya.

Sedangkan untuk peforma total penjualan pada tahun ini, Toyota mengalami penurunan yang cukup besar dibanding tahun sebelumnya, sebesar 8%.

"Untuk penjualan tahun ini, kita mengalami koreksi. Seluruh market untuk semester pertama tahun ini juga mengalami hal yang sama. Di Auto2000, kita mengalaminya sebesar 8% dibandingkan tahun lalu dengan total volume penjualan YTM sampai juni diangka 79.117 unit," jelasnya.

Berbeda dari tahun lalu, pada tahun ini Toyota belum mempunyai mangsa pasar yang luas. "Tahun lalu, kita mendapatkan benefit launching Innova dan Fortuner di awal tahun. Dan ini dapat meng-create market yang cukup besar. Apalagi ditahun ini belum ada introduce produk lagi," ujar Martogi.

Meskipun terjadi fenomena tersebut, Toyota patut merasa berbangga karena terjadi peningkatan penjualan pada produk LCGC-nya. Namun, untuk mencapai target penjualan, Toyota tetap masih mengandalkan 'si mobil sejuta umat'-nya yang tak tergantikan, Toyota Avanza. Sebagai backbound dari Toyota, Martogi mencatat kontribusi mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) ini sekitar 44 – 45% dari total penjualan.

Terkait target penjualannya tahun ini, dengan berbagai kondisi market, Martogi tetap optimis dapat mencapai angka lebih dari 170 ribu unit dengan perolehan tahun sebelumnya mencapai 179 ribu unit. (dry/dry)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed