Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 27 Juni 2017, 09:16 WIB

Renault-Nissan Siap Salip Toyota dan VW Group

Dina Rayanti - detikOto
Renault-Nissan Siap Salip Toyota dan VW Group Foto: Dina Rayanti
Amsterdam - Saat ini pasar otomotif global masih dipimpin oleh grup besar Volkswagen dan juga Toyota. Namun, bos baru aliansi Nissan, Renault, dan Mitsubishi, Carlos Ghosn berambisi untuk menggeser keduanya untuk menjadikan ketiga merek yang dipimpinnya menjadi nomor satu di dunia.

"Kita berada di posisi tiga terbesar pembuat mobil secara global sejak Januari apabila dihitung dari volume penjualan. Dan kami memprediksi bisa berada di posisi pertama pada pertengahan tahun ini. Tapi ini bukan merupakan tujuan utama kami," ungkap Ghosn seperti dikutip Paultan, Selasa (27/6/2017).

Berdasarkan informasi dari JATO Dynamics, dalam empat bulan pertama di tahun 2017, Renault-Nissan berhasil mencatatkan penjualan 3,02 juta unit, sementara Toyota 3,06 juta unit, dan VW Group 3,32 juta unit.

Namun tak disebutkan apakah Renault-Nissan bisa mencapai posisi puncak. Namun di masa depan pertumbuhan penjualannya akan terus meningkat.

"Aliansi tersebut dalam arah yang benar. Mereka sangat baik dalam mengelola mereknya, saat Renault lemah, NIssan sangat kuat, begitu juga sebaliknya," kata Analyst Global Automotive JATO Dynamics, Felipe Munoz.

Setelah April, aliansi global di otomotif mencatatkan kenaokan penjualan 8% year on year. Toyota sendiri penjualannya naik 6 persen, VW Group turun 1 persen. Jika dilihat secara merek individual, Nissan naik 7 persen, Renault 10 persen, Mitsubishi 5 persen, dan Dacia 7 persen. Infiniti juga terlihat menunjukan hal positif dengan peningkatan 24 persen, sub-brand Samsung 38 persen, sementara Datsun turun 2 persen.

Aliansi Renault-Nissan produk paling banyaknya adalah jenis SUV dengan peningkatan sebesar 12 persen dengan model Nissan X-Trail. DI pasar mobil listrik juga Nissan unggul melewati VW Group di Eropa. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed