Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 18 Juni 2017, 04:12 WIB

Mobil Penakluk Benua Antartika

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Mobil Penakluk Benua Antartika Foto: Hyundai
London - Patrick Bergel, dari Inggris berhasil menaklukkan ganasnya medan Antartika yang ekstrem. Dia melakukannya dengan mengendarai mobil Hyundai, Santa FE 2.2 CRDI-VGT.

Hyundai mengklaim mobil ini menjadi mobil penumpang pertama yang menaklukkan medan benua Antartika, pada Desember 2016 lalu.

Seperti dikutip detikOto dari Hyundai Indonesia, perjalanan dilakukan selama 30 hari mengelilingi Antartika, dengan menggunakan mobil bermesin disel di suhu dingin yang ekstrem. Dimana suhunya bisa mencapai suhu hingga minus 28 derajat celcius

Pengusaha asal London itu berkeliling dengan Hyundai Santa Fe 2.2 diesel, yang perjalanannya dimulai dari Union Camp menuju McMurdo dan kembali ke titik awal, dengan kondisi jalan es sejauh hampir 5.800km.

"Perjalanan ini sungguh luar biasa dan mobil sangat menyenangkan untuk dikendarai. Terkadang saya merasa tidak seperti berkendara lebih seperti berlayar di atas salju. Ini sungguh sebuah ekspedisi yang menantang untuk ditaklukkan, karena belum pernah ada yang pernah melakukan sebelumnya. Mengingat ini adalah perjalanan ketahanan dan bukan kecepatan, kami hanya berkendara rata–rata di 27 km/jam. Inilah salah satu tantangan kesuksesan yang harus kami dan mobil lalui," kata Patrick Bergel.

Patrick Bergel dan mobilnya di AntartikaPatrick Bergel dan mobilnya di Antartika Foto: Hyundai


Meski secara umum mobil tersebut dalam kondisi standar, tetap ada beberapa penyesuaian modifikasi menyesuaikan dengan kondisi medan diantaranya, menggunakan ban berukuran besar, dengan tekanan rendah.

"Kami dapat mengatakan Hyundai Santa Fe yang cukup standar. Mesin dan sistem manajemen kerja, transmisi, front differential, dan driveshaft semuanya standar. Tapi kami memang harus menggunakan ban besar dengan tekanan rendah, agar ban tidak membelah jalan es, tekanannya hanya 1/10 dari tekanan ban normal," ujar salah satu pakar berpengalaman berkendara di Antartika dari Arctic Trucks, Gisli Jonsson.

Prubahan lain ada pada sub-frames yang ditambah ketinggiannya, suspensi diatur dengan tekanan berbeda, serta kapasitas tangki yang disesuaikan denagn satu0satunya jenis bahan bakar yang dapat digunakan di kondisi dingin, dan bahan bakar yang digunakan adalah bahan bakar pesawat jet.

Patrick Bergel sendiri merupakan cicit dari Sir Ernest Shackleton, yang pada 1907 mencoba menjadi pertama bisa mengelilingi Antartika dengan kapal. Namun sayang misi tersebut gagal, dan dirinya harus berjibaku menyelamatkan 27 krunya, setelah kapalnya karam. Ini lah satu alasan kenapa Patrick dipilih oleh Hyundai untuk menempuh ekspedisi ini.

"Kami terpukau dengan kisah heroik Sir Ernest Shackleton melalui keberanian dan semangat kepeloporannya. Itulah mengapa setelah seratus tahun, kami termotivasi menyelesaikan mimpinya mengelilingi Antartika dengan mengajak cicitnya Patrick. Kami juga ingin menunjukkan jika brand Hyundai memiliki makna lebih dari sekadar (kendaraan) transportasi," kata Scott Noh, Head of Overseas Marketing Group, Hyundai Motor Company.

(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +