Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 26 Mei 2017, 08:16 WIB

Nissan Gunakan Platform Mitsubishi XM Concept Untuk Mobilnya

Dina Rayanti - detikOto
Nissan Gunakan Platform Mitsubishi XM Concept Untuk Mobilnya Mitsubishi XM Concept Foto: Ari Saputra
Jakarta - Aliansi antara Nissan-Renault dan Mitsubishi diklaim bakal menguntungkan tiga pihak. Salah satunya adalah saling berbagi platform mobil. Contohnya platform mobil Small MPV yang disebut XM Concept milik Mitsubishi, yang juga akan digunakan oleh Nissan pada mobil buatannya.

Meski begitu, pihak Nissan enggan membeberkan model apa yang bakalan menggunakan platform dari MPV penantang Avanza-Xenia Cs itu.

"Ya, ya, ya, kita mempelajari untuk menggunakan platform yang sama," ungkap Vice President Sales & Marketing PT Nissan Motor Indonesia Davy J Tuilan di Jakarta.

"Jadi gini konsep aliansi itu sesedikit mungkin menghindari investasi sebanyak mungkin, kalau bisa efisien jadi bukan dengan ada aliansi investasi makin banyak," lanjut Davy.

Memang semenjak aliansi terbentuk sudah terjadi beberapa perubahan di tubuh Nissan dan juga Mitsubishi seperti manajemen. Nissan sendiri baru mengangkat bos baru, yang dulunya merupakan salah satu jajaran manajemen Mitsubishi yakni Eichii Koito.

"Yang jelas Koito merupakan strategi alliance nanti di Indonesia akan banyak kerjasama yang dilakukan dari sisi purchasing ujung-ujungnya skala ekonomi, aliansi tidak hanya purchasing sharing platform begitu banyak aliansi yan dilakukan akan lebih tepat di Indonesia bisa jadi katalisator memperlancar proses itu sehingga Koito join itu menurut saya alasan kenapa Toti (presdir lama Nissan) diganti," tutur Davy. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed