Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 15 Mei 2017, 13:30 WIB

Toyota Buat Mobil Terbang

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Buat Mobil Terbang Mobil terbang. Foto: Cartivator
Tokyo - Mobil terbang selama ini hanya ada di film fiksi atau kartun saja. Di masa depan mobil kemungkinan bisa terbang betulan lho.

Apalagi yang akan membuatnya adalah sebuah perusahaan mobil besar Jepang. Toyota memutuskan untuk membiayai proyek mobil terbang, dimana proyek itu selama ini secara sukarela dikerjakan oleh karyawan muda Toyota.

Dilansir BBC, Senin (15/5/2017), Toyota baru saja mengumumkan tim teknisi terkait dengan mobil terbang. Proyek ini dipimpin oleh sebuah grup yang disebut Cartivator.

Cartivator bermula di tahun 2012 saat pemimpin proyeknya Tsubasa Nakamura memenangkan kontes bisnis. Sebanyak 30 anggota mereka dengan sukarela mengembangkan mobil terbang dengan bantuan dari ahli drone Masafumi Miwa, seorang profesor di Tokushima University dan pengembang game online Taizo Son.

Toyota berinvestasi hingga sekitar 40 juta yen atau sekitar Rp 4,6 miliar ke grup Cartivator (perusahaan pengembang mobil terbang) yang beroperasi di luar kota Toyota di pusat Jepang.

Toyota dan perusahaan grup tersebut telah menyetujui untuk mendukung proyek tersebut, dengan harapan bisa membangun prototipe mobilnya pada 2018. Kemudian pada 2020, mobil bisa dikomersialisasikan saat Tokyo menggelar Olimpiade.

Mobil terbang bakal disapa Skydrive yang menggunakan teknologi drone, memiliki tiga roda, dan empat rotor.

Skydrive diklaim akan menjadi mobil terbang terkecil di dunia dengan ukutan 2,9 m x 1,3 m. Kecepatan terbang maksimumnya mencapai 100 km/jam dengan ketinggian di atas 10 m.


(dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed