Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 13 Mei 2017, 08:32 WIB

Mobil Tanpa Sopir

Mobil Masa Depan Pembaca Suasana Hati

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Masa Depan Pembaca Suasana Hati Ilustrasi Foto: Bosch
Jakarta - Teknologi kendaraan masa depan bakal semakin canggih. Bahkan, mobil masa depan diramal bakal bisa membaca suasana hati dan ekspresi penggunanya.

Diberitakan CNET, Sabtu (13/5/2017), perusahaan teknologi bernama Affectiva telah mengembangkan perangkat lunak pengenalan wajah.

Perangkat itu dikatakan bisa digunakan sejumlah mobil di masa depan. Abdelrahman Mahmoud, manajer produk Affectiva mengatakan, kendaraan yang dapat memantau emosi pengemudi akan memiliki kemampuan untuk menenangkan pengemudi saat marah dan frustrasi.

Jika digunakan dalam mode otonom, perangkat lunak pengenal wajah bisa menemukan cara terbaik untuk menyerahkan kendali kepada sopir manusia ketika terjadi keadaan darurat.

Ilustrasi mobil otonom VWIlustrasi mobil otonom VW Foto: Volkswagen


Bahkan saat mode otonom aktif, perangkat itu juga bisa mengubah gaya mengemudinya jika komputer mendeteksi penumpang merasa takut. Affectiva telah mengembangkan sistemnya dengan menggunakan kamera depan dari sebuah ponsel pintar.

Kamera itu mampu mengidentifikasi 33 landmark wajah yang berbeda. Sistem bisa mendeteksi tujuh emosi berbeda termasuk ekspresi terkejut, gembira atau takut.

Affectiva kini sedang menjalin kerja sama dengan pabrikan mobil asal Jerman dan Jepang. Prototipenya disebut siap dikenalkan tahun depan. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed