Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 19 April 2017, 12:15 WIB

Kredit Bermasalah Bikin Jualan Mobil Turun

Dina Rayanti - detikOto
Kredit Bermasalah Bikin Jualan Mobil Turun Foto: Rangga Rahadiansyah
Bandung - Angka penjualan mobil pada kuartal pertama tahun 2017 ini terlihat mengalami kenaikan dibanding periode yang sama di tahun lalu. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan wholesales ada 283.245 unit terjual selama 3 bulan pertama tahun ini, naik sekitar 5 persen dari sebelumnya 267.302 unit.

Namun, penjualan ritel atau dari diler ke konsumen justru mengalami penurunan 5 persen seperti yang dikatakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Menurut pihak ADM, penurunan tersebut salah satunya disebabkan oleh jumlah kredit bermasalah yang diberikan dari perusahaan pembiayaan mengalami kenaikan.

"Wholesales kalau dibanding tahun lalu pasar mobil Indonesia naik 5 persen tetapi kalau kami biasa melihat dari ritel, pasar itu justru turun 5 persen, kami melihat salah satu penyebab utama pasar tidak bertumbuh sesuai harapan karena leasing company mengalami NPL (Non Performing Loan) atau kredit bermasalah dari tahun sebelumnya," ungkap Direktur Marketing PT ADM, Amelia Tjandra di Bandung.

Amel menambahkan sebagian besar konsumennya memang membeli mobil menggunakan jasa leasing. Banyaknya kredit bermasalah tersebut membuat perusahaan leasing kini lebih berhati-hati memberikan fasilitas kredit.

"SPK kami baik sekali bulan lalu lebih dari 19.000, tapi realisasi ritel 15.341. Tentu saja kami berusaha maksimal tapi persetujuan kredit dari leasing. Kami mencoba untuk mencari customer sesuai dengan kualifikasi leasing," jelas Amel. (dry/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed