Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 12 April 2017, 10:56 WIB

Siapkah Nissan Bawa Mobil yang Lebih Ramah Lingkungan?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Siapkah Nissan Bawa Mobil yang Lebih Ramah Lingkungan? Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Pemerintah sedang menyiapkan program kendaraan dengan emisi karbon rendah atau Low Carbon Emission Vehicle (LCEV). Tak menutup kemungkinan, dengan program itu, kendaraan yang lebih ramah lingkungan akan mendapatkan insentif dari pemerintah. Lalu, siapkah Nissan membawa kendaraan yang lebih ramah lingkungan?

"Sebetulnya kita sudah ada hybrid yaitu X-Trail Hybrid. Karena kita global brand, sebenarnya mendatangkan produk yang sudah ada di global ke Indonesia mungkin-mungkin saja," kata Kepala Komunikasi PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Hana Maharani kepada detikOto.

Tapi, kata Hana, kembali lagi ke hasil studi kelayakannya apakah model-model ramah lingkungan itu cocok untuk Indonesia atau tidak. Meski begitu, Hana menilai, kalau ada insentif tentu akan menjadi nilai tambah Nissan dalam membawa mobil yang lebih ramah lingkungan.

"Patinya kalau memang nantinya ada aturan yang pasti mengenai insentif untuk mobil ramah lingkiungan, itu pasti akan menjadi lampu hijau buat kita untuk studi mendatangkan mobil-mobil seperti itu. Karena pada prinsipnya sebagai merek global kan mobil-mobil ramah lingkungan Nissan kan banyak. Jadi kalau ke depan ada, ya kenapa enggak, kita akan studi juga," ujarnya.

Di beberapa negara, Nissan memiliki kendaraan listrik Nissan Leaf. Tapi, Hana belum bisa memastikan apakah Nissan Leaf itu bisa dipasarkan untuk Indonesia atau tidak.

"Saya enggak tahu apakah ke depan infrastruktur semakin baik, apakah aturan semakin kondusif buat mobil listrik. Ya, kita Nissan sudah ready. Tinggal infratruktur dan aturan. Kalau sekarang kan belum dibawa ke Indonesia karena banyak pertimbangan kan. Kalau kita ready, ya kenapa enggak. Itu sih possible sih rasanya," ucap Hana. (rgr/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed