Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 27 Maret 2017, 11:27 WIB

Geely Mundur Pinang Proton

Dina Rayanti - detikOto
Geely Mundur Pinang Proton Foto: Dina Rayanti
Kuala Lumpur - Proton kini sedang mencari mitra strategis asing sebagai salah satu strategi bisnisnya. Sebelumnya dikabarkan, produsen asal Malaysia itu akan dipinang oleh Geely.

Namun Geely justru dikabarkan mundur untuk membeli Proton dan kini tinggal menyisakan PSA Group. Presiden Geely mengiyakan hal tersebut namun enggan menyebutkan lebih detil apa alasan di balik mundurnya Geely. Demikian seperti diberitakan Carscoops, Senin (27/3/2017).

Produsen asal China itu memang yang paling favorit bakal membeli Proton terlebih melihat kesuksesannya di tahun 2016 dimana keuntungannya naik 126 persen menjadi US$ 739 juta.

Meski Proton sedang menderita permasalahan finansial, namun dengan menggaet partner dari luar Malaysia bakal menguntungkan. Mereka yang memenangkan lelang untuk membeli Proton ini bakal mendapatkan pabrik perakitan Proton di Tanjung Malim.

Pabrik tersebut mampu memproduksi sekitar 150.000 unit mobil per tahunnya. Tak hanya itu, dengan memiliki salah satu pabrik Proton artinya bisa membantu pengiriman mobil tanpa pajak ke-10 negara anggota ASEAN.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +