Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 27 Maret 2017, 10:44 WIB

Hyundai Ubah Struktur Kepemilikannya?

Alfiza Satrio - detikOto
Hyundai Ubah Struktur Kepemilikannya? Foto: Dina Rayanti
Seoul - Saham perusahaan mobil asal Korea, Hyundai Motor Co, akhir-akhir ini sempat bergerak kencang setelah adanya spekulasi kalau Hyundai akan melakukan restrukturisasi kepemilikannya.

Beberapa waktu lalu saham Hyundai beranjak naik 9 persen. Peningkatan ini adalah yang tertinggi sejak bulan Agustus 2011.

Hyundai dikabarkan akan mengikuti langkah perusahaan raksasa Korea lain yakni Samsung yang sedang berusaha melakukan perombakan di tubuh internal mereka menyusul skandal korupsi di Korea Selatan yang juga melibatkan mantan presiden Park Geun-Hye.

Elliott Management Corp pun sempat dikabarkan berencana membeli saham Hyundai, namun sampai saat ini belum ada pernyataan resmi baik dari pihak Elliot maupun Hyundai. Namun jika benar terjadi, rencana reorganisasi Hyundai kemungkinan akan tercapai dengan potensi perubahan struktur dengan bergabungnya Elliot Management Group.

Dilansir Reuters, Hyundai sendiri enggan berkomentar mengenai spekulasi yang merebak di pasaran ini.

Namun analis keuangan dari Goldman Sachs melaporkan bahwa masih ada kemungkinan terjadinya kesepakatan antara kedua pihak mengingat Hyundai Motor memang membutuhkan restrukturisasi.

"Mungkin Hyundai Mobis memang akan menjadi perusahaan induk Hyundai, tapi kemungkinan akan ada restrukturisasi di Hyundai Motor," begitu pernyataan yang dimuat Goldman Sachs.

Afiliasi Hyundai Motor sendiri juga sedang mengalami peningkatan yang cukup baik. Kia Motors Corp dan Hyundai Mobis tahun lalu mengalami peningkatan lebih dari 4 persen.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed