Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 23 Mar 2017, 07:05 WIB

Datsun Risers Expedition

Risers Terpesona Melihat Kapal Layar Miliaran Rupiah di Bulukumba

Muhammad Nur Abdurrahman - detikOto
Risers Terpesona Melihat Kapal Layar Miliaran Rupiah di Bulukumba Foto: Muhammad Nur Abdurrahman
Bulukumba - Rombongan Datsun Risers Expedition 2 (DRE2) kembali melanjutkan perjalanannya di hari terakhir untuk kembali ke Makassar, dengan menempuh perjalanan sekitar 193 Km selama 6 jam, Rabu (22/3/2017).

Rombongan Risers menyempatkan diri singgah ke lokasi pembuatan Kapal Phinisi, kapal layar tradisional kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan, di Tana Lemo, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

Risers Terpesona Melihat Kapal Layar Miliaran Rupiah di BulukumbaFoto: Muhammad Nur Abdurrahman


Para risers takjub melihat proses pembuatan kapal layar berukuran raksasa dengan panjang sekitar 46 meter lebar 9 meter yang sedang dibuat oleh juragan pembuat kapal, Haji Ully, yang dipesan pengusaha pariwisata asal Turki, Serkan Kose.

Risers Terpesona Melihat Kapal Layar Miliaran Rupiah di BulukumbaFoto: Muhammad Nur Abdurrahman


Kapal peninggalan leluhur orang Ara ini dibuat khusus menggunakan kayu besi yang berasal dari Kolaka, Sulawesi Tenggara.

"Perkiraan total biaya pembuatan kapal yang dipesan Serkan dari perakitan badan hingga interior kapal sekitar Rp 12 miliar, rencananya akan dijadikan kapal pesiar di kepulauan Raja Ampat," tutur Haji Ully.

Risers Terpesona Melihat Kapal Layar Miliaran Rupiah di BulukumbaFoto: Muhammad Nur Abdurrahman


Haji Ully menyebutkan kapal layar buatannya rata-rata dipesan oleh pengusaha dari Eropa, seperti Perancis, Spanyol, Swedia dan Jerman. Biasanya setelah dibuat oleh Haji Ully dan anak buahnya, yang merupakan Orang Ara, kapal layar tersebut nantinya akan diantarkan ke negara pemesannya oleh warga Tanjung Bira, yang terkenal asal para pelaut ulung di tanah Sulawesi.

"Pernah nonton balapan Formula1 di Catalunya, pas gambarnya di-zoom ternyata kapal buatan saya di pinggir laut. Saya sangat bangga melihatnya di televisi," pungkas Ully.

Risers Terpesona Melihat Kapal Layar Miliaran Rupiah di BulukumbaFoto: Muhammad Nur Abdurrahman


Selain itu, para risers diberi kesempatan untuk melukis miniatur kapal Phinisi di galangan kapal milik Haji Ully. Setelah dilukis para Risers diperbolehkan membawa pulang miniatur Kapal Phinisi untuk dijadikan cinderamata.

Adhi Reza, salah satu risers asal Tangerang, mengakui menyaksikan langsung pembuatan Kapal Phinisi sebagai pengalaman pertama dan tidak terlupakan.

"Berkat ikut DRE 2 di Sulawesi Selatan, ini pengalaman yang sangat berkesan, melihat kapal Phinisi dibuat "hand-made" dan luar biasa besarnya, yang selama ini cuma disaksikan di televisi," tutup Reza.

(mna/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed