Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 09 Maret 2017, 17:36 WIB

Kalau Sudah Jadi, Masyarakat Bisa Otak-atik Mobil Desa

M Luthfi Andika - detikOto
Kalau Sudah Jadi, Masyarakat Bisa Otak-atik Mobil Desa Mock up desain mobil desa ITS (Foto: M Luthfi Andika)
Denpasar - Mobil desa sudah ada 5 desain yang kini sudah dilombakan pada tahap akhir. Kementerian Perindustrian berharap mobil bisa jadi dambaan masyarakat pedesaan.

Seperti yang disampaikan Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan, di Denpasar Bali.

"Ada lomba desain mobil pedesaan yang kita siapkan untuk produksi massal. Kita sudah mempersiapkannya sejak 2 tahun lalu. Kita sudah ada yang diuji hingga 100.000 km," kata Putu.

"Namun yang lebih penting itu demand-nya itu apa? Awalnya yang ingin kita gantikan itu kendaraan seperti grandong, karena mereka punya alat pertanian. Sehingga orang pedesaan itu bisa berkreasi membuat satu sasis menjadi penggerak, dan tentu tidak cukup sampai di sana (mobil grandong-Red). Makanya kita sayembarakan," tambah Putu.

Putu juga menambahkan ke depannya mobil pedesaan akan bisa dimodifikasi oleh si pemiliknya sendiri akan menjadi apa mobil idamannya tersebut.

"Dan mereka bisa merakit sendiri, untuk itu membutuhkan komponen. Dan mereka membutuhkan peralatan dan itu semua akan menjadi bagian yang harus kita persiapkan," tambah Putu. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +