Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 09 Maret 2017, 07:48 WIB

Mobil Pedesaan

Gandeng Esemka, Mobil Pedesaan Sudah Dapat Restu Jokowi

M Luthfi Andika - detikOto
Gandeng Esemka, Mobil Pedesaan Sudah Dapat Restu Jokowi Foto: Kemenperin
Denpasar - Mobil pedesaan garapan Kementerian Perindustrian dan Institut Otomotif Indonesia (IOI), rupanya sudah mendapat restu dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Mobil pedesaan pun rupanya menggandeng Esemka. Tentu hal ini menjadi nilai positif bukan?

"Kita sudah ketemu dengan Pak Jokowi, saya dan tim Esemka pada 5 Januari 2017 lalu," ujar Presiden IOI, I Made Dana Tangkas, di Jimbaran, Bali, Rabu (8/3/2017).

Made mengatakan pertemuan IOI dan Esemka memiliki tujuan untuk memberitahukan program mobil pedesaan, kepada Presiden Jokowi.

"Beliau sangat berharap juga dengan mobil pedesaan, dan ini-kan program Kemenperin. Bukan ujug-ujug program IOI dan Esemka, walaupun Esemka sudah punya program. Waktu itu (saat bertemu dengan Presiden Jokowi-Red), ada IOI bersama dengan SMK 2 Klaten Pak Sukiat. Dan Saya mengatasnamakan ini program Kemenperin," katanya.



"Beliau tidak ada masalah, beliau senang (dengan program mobil pedesaan). Dan ini (mobil pedesaan-Red) lahir dari ide dari mobil pedesaan generasi pertama, Universitas Negeri Semarang, mobil yang berwarna putih itu. Itu generasi ke-satu (pertama-red)," tambahnya.

Mobil Desa UnnesMobil Desa Unnes Foto: Angling Adhitya Purbaya


Saat ini mobil desa sudah masuk tahap desain untuk generasi ketiga. Ada 5 nominasi desain mobil dalam lomba desain yang diadakan Kementerian Perindustrian dan Institut Otomotif Indonesia.

5 Desain mobil pedesaan itu merupakan hasil desain 5 universitas yakni Argani Grand Pick Up oleh tim Telkom University, Waprodek Disel oleh tim Institut Teknologi Surabaya (ITS), Mobil Desa Serbaguna oleh tim Universitas Negeri Semarang (Unnes), Mobil Multifungsi Pedesaan Diponegoro dari tim Universitas Diponegoro (Undip), dan Mobil Desa Nasional oleh tim Unnes.

"Disain kendaraan harus fleksibel, tidak hanya bisa mengangkut hasil produk pertanian atau peternakan, tapi juga untuk digunakan untuk alat-alat produksi seperti alat-alat pertanian," kata Made Dana.

Made Dana mengatakan, untuk mengikuti lomba desain ini peserta telah menyampaikan proposalnya ke IOI dan telah diseleksi oleh para juri yang berasal dari berbagai unsur, termasuk dari jurnalis. Dan akan diperlihatkan ke masyarakat di Denpasar Bali mulai 9 Maret 2017.

Bagi peserta yang berhasil dalam tahap seleksi, akan diberi bantuan dana Rp 5 juta untuk mewujudkan disainnya dalam bentuk mock up sederhana (1:5), selanjutnya mock up akan dipamerkan pada Expo Industri Kreatif Mobil dan Motor 2017 di Bali yang akan dibuka Menperin Airlangga Hartarto, dan dilakukan penjurian untuk menentukan pemenangnya. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +