Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 01 Maret 2017, 07:52 WIB

Untuk Pertama Kali Mobil Otonom Nissan Beredar di Eropa

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Untuk Pertama Kali Mobil Otonom Nissan Beredar di Eropa Foto: REUTERS
London - Nissan terus menguji coba mobil otonomnya sebelum dijual massal. Kali ini, mobil tanpa sopir dari pabrikan asal Jepang ini mengaspal di Eropa.

Diberitakan Reuters, Rabu (1/3/2017), mulai Senin kemarin mobil otonom Nissan turun ke jalanan Eropa diawali dari London, Inggris. Mobil otonom itu dipandu oleh kamera dan radar untuk mengenali situasi lalu lintas dan persimpangan.

Mobil otonom Nissan yang diuji mengambil basis dari mobil listrik Nissan LEAF yang dimodifikasi dengan teknologi otonom. Mobil tersebut diuji dengan kecepatan hingga 80 km per jam dan melaju di jalan lokal hingga jalan besar dengan beberapa lajur.

Untuk melancarkan pengujian ini, Nissan bekerja sama dengan regulator transportasi di London dan pihak kepolisian. Di dalam kendaraan, mobil akan beralih dari mode berkendara konvensional dengan campur tangan manusia ke mode self-driving dengan sentuhan tombol 'Enter'.

Layar di dalam mobil akan mengidentifikasi kendaraan di sekitar dengan warna merah dan hijau, juga menunjukkan kecepatan mobil. Setidaknya dua lusin kamera, radar dan laser dilengkapi pada bagian atas dan sisi kendaraan untuk memandu jalan.

Nissan sebelumnya telah menguji LEAF otonom di Tokyo dan California. Pabrikan ini berharap bisa melaksanakan uji coba mobil otonom dengan lancar di Eropa.

"Kami berpikir untuk pengujian di Belanda dan Paris," kata Direktur Pusat Penelitian Nissan, Maarten Sierhuis. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed