Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 28 Februari 2017, 10:08 WIB

Nissan Punya CEO Baru

Alfiza Satrio - detikOto
Nissan Punya CEO Baru Foto: Response/Ilustrasi
Tokyo - Nissan Motor Co secara resmi mengumumkan pengunduran diri Carlos Ghosn dari posisi CEO setelah memimpin perusahaan tersebut selama 16 tahun. Ghosn dikatakan akan mengalihkan fokusnya ke perusahaan aliansi Nissan, Renault SA dan Mitsubishi Corp.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (28/2/2017), posisi CEO kini dipegang oleh Hiroto Shaikawa, yang sudah mengabdi pada Nissan selama lebih dari 40 tahun.

Nissan Punya CEO BaruFoto: Nissan


Masuknya Mitsubishi ke dalam jajaran grup yang ia pimpin, Ghosn berhasil membawa ketiga perusahaan itu mencapai penjualan total sebanyak 9,3 juta unit. Jumlah ini hanya kalah dari Toyota Motor Corp dan Volkswagen AG.

Ghosn akan tetap menjadi salah satu petinggi di Nissan. Akan tetapi ia akan lebih fokus dengan tugasnya sebagai CEO Renault karena pemasok mobil asal Perancis itu dirasa masih perlu pengembangan yang lebih mendalam.

"Masih banyak yang perlu dibenahi (di Renault) agar perusahaan ini mampu tetap bertahan di tengah persaingan yang ketat saat ini," ungkap Ghosn kepada Reuters.

Ghosn dikenal sebagai sosok yang membawa Nissan bangkit setelah dalam beberapa tahun mengalami keterpurukan. Iapun menjadi figur penting yang dianggap cukup berani dalam mengambil setiap keputusan.

Penerusnya, Shaikawa, sebelumnya telah menjabat sebagai Chief Competitive Officer sejak tahun 2013, kemudian menjadi wakil CEO November lalu. Kini Shaikawa yang dipercaya mengemban tugas sebagai CEO dari perusahaan otomotif asal Jepang itu.

"Hal ini cukup mengejutkan. Tapi saya yakin bukan pilihan yang sulit bagi Ghosn untuk memilih Shaikawa sebagai pengganti," ujar Takeshi Miyao, Managing Director Nissan di Carnorama. (dry/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed