Senin, 20 Feb 2017 09:35 WIB

Jualan Kecil, Proton Belum Berniat Bikin Pabrik di Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Dina Rayanti Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Penjualan mobil asal Malaysia Proton tidak semoncer jualan mobil-mobil Jepang. Padahal Proton mengklaim kualitas mobilnya tak kalah dengan merek Jepang lain dan harganya lebih terjangkau.

Menurut data distribusi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, sepanjang tahun 2016 tercatat Proton hanya menjual 589 unit saja dari keseluruhan modelnya.

Melihat hal tersebut, pihak Proton pun belum akan membuat pabriknya di Indonesia. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika penjualan membludak akan mempertimbangkan membangun pabrik tersebut.

"Dari segi volume di Indonesia jualan kita masih kecil jadi belum ada keperluan untuk membuat pabrik disini tapi kalau di masa depan ada permintaan yang tinggi tidak menutup kemungkinan akan pertimbangan bangun pabrik disini," ujar CEO Proton Holdings Berhad, Dato' Ahmad Fuaad Kenali di Jakarta.

Di 2016 ini Proton pun siap ngegas lagi di Indonesia lewat produk-produk barunya, yakni seperti yang baru diluncurkan Iriz. Mereka pun berencana bakal menambah diler-diler di Indonesia.

"Kita ada telah membuat penstrukturan dilership ya, kita telah appoint satu diler untuk mengurus kawasan Jabodetabek supaya dapat memberi tumpuan lebih bagus, insyaAllah bukan hanya Iriz tapi juga ada beberapa model lain," kata Dato' Ahmad. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Spek Skuter Listrik Ford Ojo

    Spek Skuter Listrik Ford Ojo

    Jumat, 22 Jun 2018 17:45 WIB
    Ada skuter listrik asal Amerika yang baru datang ke Indonesia. Skuter itu adalah Ford Ojo Electric. Berikut spek skuter listrik ini.
  • Kapolda Tunda Tes Psikologi SIM

    Kapolda Tunda Tes Psikologi SIM

    Jumat, 22 Jun 2018 17:16 WIB
    Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis menunda pelaksaan tes psikologi untuk pemohon SIM. Kapolda ingin ada sistem yang optimal agar hasilnya maksimal.
  • Ujian Mengemudi Paling Aneh di Dunia

    Ujian Mengemudi Paling Aneh di Dunia

    Jumat, 22 Jun 2018 16:00 WIB
    Mulai 25 Juni 2018, setiap pemohon SIM tak cuma harus lulus uji kesehatan jasmani, juga rohani (psikotes). Apakah di negara lain berlaku ketentuan semacam ini?
  • Intip Proses Uji Psikologi SIM

    Intip Proses Uji Psikologi SIM

    Jumat, 22 Jun 2018 15:41 WIB
    Satpas Daan Mogot menggelar simulasi uji psikologi untuk pembuatan dan perpanjangan SIM. Rencananya uji psikologi itu mulai diterapkan pada 25 Juni mendatang.