Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 24 Januari 2017, 11:01 WIB

'Tiap Awal Tahun, Harga Mobil Pasti Naik'

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Tiap Awal Tahun, Harga Mobil Pasti Naik Ilustrasi Pameran Mobil IIMS. Foto: Dyandra Promosindo
Jakarta/Gorontalo - Biaya administrasi pengurusan kendaraan STNK cs sudah mulai dinaikkan. Meski tidak ada kenaikan biaya administrasi ini harga mobil di awal tahun biasanya selalu ada kenaikan.

Entah itu dari faktor bahan baku atau Biaya Balik Nama yang memang selalu naik di awal tahun atau faktor lain yang menyebabkan biaya produksi kendaraan naik.

Meski ada kenaikan harga Director of Product Planning Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia Edy Jusuf Oekasah mengatakan, kenaikan tersebut tidak terlalu berpengaruh.

"Kalau itu sih ga ngaruh, kecil itu pengaruhnya. Tapi emang harus naik. Ada ga ada itu (PP 60) ya harus naik. Contohnya UMR (Upah Minimum Regional) naik itu aja satu, UMR naik ya kita naik harga," tuturnya, kepada wartawan, di Jakarta.

Selain itu, pria yang akrab dipanggil Oje merasa, kenaikan tarif pengurusan surat-surat kendaraan dirasa wajar, karena tidak setiap tahun dinaikan, dan karena faktor lainnya sehingga kenaikan tersebut dinilainya wajar.

"Naik cuma 200 ribu setiap 5 tahun, ga ngaruh lah. Itu kan setiap tahun pasti ada penyesuain, itu penyesuaian kenaikan pajak, harga, inflasi, kalau di Indonesia sudah tidak ada inflasi mungkin harga mobil ga akan naik (harga). Tapi kan di Indonesia masih ada inflasi, pasti ada kenaikan," ungkapnya.

Sementara itu dari Gorontalo, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengatakan secara off the road Daihatsu sudah menaikkan harga mobil seperti Ayla, Xenia, dan Terios.

Sementara untuk mobil pikap, harga off the roadnya tidak naik, tapi ada kenaikan pajaknya. "Apapun kebijakan pemerintah kita akan dukung, yang naik kan hanya administrasinya saja, kenaikannya memang besar tapi jumlahnya kecil. Jadi kita masih optimistis itu tidak akan terlalu berpengaruh kecuali yang naik pajaknya," ujarnya.



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +