Kolaborasi dengan Mercy, Nvidia Siap Luncurkan Mobil Pintar

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 09 Jan 2017 19:15 WIB
Foto: Istimewa
Las Vegas - Di ajang pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) 2017, Nvidia dan Audi mengumumkan kerja sama dalam rangka mengembangkan generasi terbaru mobil otonom di pasar global pada 2030. Namun Audi bukan satu-satunya yang diajak kerja sama Nvidia, ada juga Mercedes-Benz.

CEO Nvidia, Jen-Hsun Huang mengatakan, pihaknya dan Mercy bekerja sama untuk melahirkan mobil pintar masa depan.

"Mercedes-Benz dan Nvidia saling berbagi visi di mobil AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan). Di titik ini, AI bakal berevolusi di masa mendatang," kata Jen-Hsun Huang.

Di pameran tersebut, keduanya membocorkan rencananya untuk membuat mobil yang didasarkan pada AI di akhir tahun ini. Kedua perusahaan tersebut telah berkolaborasi lebih dari 3 tahun untuk mengembangkan kecerdasan yang bisa diintegrasikan ke mobil.

"Pada titik ini, sangat jelas bahwa AI didukung penuh sistem komputer. Ini merupakan hasil usaha yang kami mulai 3 tahun lalu dan kami akan mulai mengujinya di tahun depan," tambah Jen-Hsun.

"Terobosan ini sudah didalami beberapa tahun lalu dan sepenuhnya telah berevolusi dari cara Anda berbicara ke ponsel sekarang dengan hanya mengambil foto dan mengunggahnya ke cloud akan otomatis mengenali Anda," sambung Jen-Hsun.

Dari laporan TechCrunch yang dilansir Drivespark, Senin (9/1/2017), fitur lain yang ditambahkan ke mobil adalah Co-Pilot. Sistem tersebut memungkinkan identifikasi wajah, tatapan, dan bakal memberi bantuan ke pengendara untuk meningkatkan keamanan.

Fitur Co-Pilot tersebut juga menggunakan pengenalan sistem suara dan sensor eksternal dari kendaraan yang bisa menambah keselamatan berkendara. Belum jelas hingga saat ini bagaimana integrasi AI bisa bekerja di dunia nyata. (dry/rgr)