Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 06 Januari 2017, 09:56 WIB

Qualcomm Gaet VW Demi Ambisi Masuki Dunia Otomotif

M Luthfi Andika - detikOto
Qualcomm Gaet VW Demi Ambisi Masuki Dunia Otomotif Foto: Reuters/Kim Hong-Ji
Las Vegas - Industri otomotif benar-benar menggiurkan para produsen teknologi. Seperti Qualcomm yang menyatakan ingin terjun ke industri otomotif.

Dikutip techcrunch, Jumat setelah mengakusisi produsen chip otomotif senilai NXP 47 juta, Qualcomm menjadi produsen teknologi paing depan yang berkesempatan untuk bisa melahirkan teknologi untuk sebuah mobil.

Di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2017, Qualcomm mengumumkan telah menggandeng VW untuk melahirkan mobil yang terkoneksi, memproduksi mobil uji coba bersama-sama, memiliki bandwidth besar, menyelipkan teknologi Gigabit LTE dalam mobil, dan lain-lainnya.

Wakil Presiden Senior Qualcomm Patrick Little, mengatakan saat ini Qualcomm tengah mengembangkan generasi terbaru dari mobil terkoneksi.

"Ada tiga aspek teknologi untuk bisa melahirkan mobil terhubung, yakni akal, pikiran, dan bertindak. Dan NXP ini merupakan sesuatu yang bagus dalam satu melahirkan sebuah rasa dan melahirkan sesuatu. Dan kami terus berpikir apa yang akan kami lahirkan," ujar Pattrick Little.

Dalam kesempatan yang sama Qualcomm mengatakan tengah bekerjasama dengan Audi, Ericsson Swarso Traffic Systems dan University of Kaiserslautern, untuk bisa melahirkan konsorsium yang disebu 'Connected Vehicle to Everything of Tomorrow (ConVeX)'.

Dikatakan langkah ini akan difokuskan untuk bisa melahirkan Cellular-V2X (C-V2X) sebuah uji coba sebagai penghubung 'Vehicle-to-vehicle (V2V)', Vehice-to-Infrastructure (V2I) dan melahirkan teknologi Vehicle-to-Pedestrian (V2P). Jadi sebuah kendaraan bisa 'berkomunikasi' dengan pejalan kaki, infrastruktur di jalanan dan kendaraan lainnya. Yang akhirnya akan memungkinkan sebuah mobil otonom untuk lahir.

Selanjutnya Qualcoom juga tengah memfokuskan untuk bisa melahirkan Gigabit LTE class for cars bersama Volkswagen Group. Dikatakan teknologi ini mewujudkan jaringan internet yang cepat berada di dalam mobil.

Untuk mewujudkannya, Qualcom membangun New LTE dengan menggunakan platform Qualcomm Gigabit Class Qualcomm Snapdragon X16 LTE Modem. Dikatakan modem ini akan memiliki Speeds of up to 1 Gbps.

Teknologi ketiga yang bakal dilahirkan Qualcomm dan Wolkswagen, bakal tersaji dalam sistem infotainment systems terbaik.

Hasilnya keduanya bakal memiliki brand baru yang bakal disapa dengan Moia. Moia akan menawarkan setidaknya 820 Chipsets dan modem, sehingga memungkinkan setiap penghuni dalam kabin mobil bisa melakukan streaming dalam mobil tanpa loading yang lama. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +