Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 14 September 2016, 13:10 WIB

Sensor Parkir Belakang Wajib Ada di Semua Mobil di India

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sensor Parkir Belakang Wajib Ada di Semua Mobil di India Sensor parkir mobil. Foto: Rangga Rahadiansyah
New Delhi - Mobil-mobil saat ini memang sudah banyak yang dilengkapi dengan sensor parkir belakang. Di India, fitur tersebut bakal wajib ada di setiap mobil.

Diberitakan Indianautosblog, Rabu (14/9/2016), untuk menurunkan risiko bertabrakan dengan objek ketika mobil mundur, pemerintah India akan mewajibkan sensor parkir belakang terdapat pada semua kendaraan baru. Peraturan ini akan segera direalisasikan.

"Meskipun sebagian besar mobil dilengkapi dengan spion yang memadai untuk mendeteksi kendaraan di belakang, tapi itu tidak memadai untuk mendeteksi anak-anak kecil atau benda yang dekat dengan tanah yang ada pada blind spot mobil. Kementerian Transportasi dan Jalan Raya (India) akan segera mengeluarkan pemberitahuan untuk membuat sensor belakang wajib di semua kendaraan," kata Sekretaris Kementerian Transportasi dan Jalan Bebas Hambatan India, Abhay Damle.

Di sana, beberapa pabrikan otomotif sudah melengkapi sensor parkir belakang pada mobil tipe tertinggi. Konsumen saat ini bisa membeli sebagai aksesori tambahan di diler masing-masing.

Aturan baru ini bertujuan untuk membuat sensor parkir belakang dipasang sebagai perlengkapan wajib di semua mobil baru di setiap kelasnya.

Pemerintah negeri itu juga merencanakan pembuatan peraturan untuk mewajibkan semua mobil ada peringatan kecepatannya. Sebab, jumlah kematian akibat kebut-kebutan meningkat. Namun, peraturan itu belum jelas kapan mulai berlaku. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed