Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 23 Agustus 2016, 09:32 WIB

Gaikindo: Tidak Ada Ruginya Turunkan PPnBM Sedan

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Gaikindo: Tidak Ada Ruginya Turunkan PPnBM Sedan Foto: Toyota
Tangerang - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengusulkan agar pemerintah menurunkan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) sedan kecil. Ini diwacanakan agar segmen sedan kembali hidup lagi di Indonesia sehingga ke depannya mobil yang dibuat di Indonesia bisa bersaing di kancah global.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mnegatakan, untuk nasib mobil sedan, harus ada yang diperbaikai dari segi pajaknya. Saat ini, PPnBM sedan lebih mahal ketimbang mobil jenis minibus.

"Kita lagi kerjain. Kemarin saya juga sudah bicarain sama pak Putu (Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan) juga. Jadi yang penting bahwa, mobil sedan kecil harus kita perbaiki sistemnya, dalam hal ini PPnBM-nya sehingga investasinya bisa lebih menarik buat para investor-investor," ujarnya.

Selain perbaikan dari segi pajak, Nangoi juga mengatakan sedang menyiapkan sebuah kajian sebagai strateginya untuk memperbaiki nasib mobil sedan di industri otomotif Indonesia.

"Kajian ini akan dijelaskan kepada pemerintah bahwa tidak ada ruginya untuk bisa menurunkan PPnBM, karena in return akan jauh lebih baik ke depannya untuk pemerintah. Nanti pemerintah akan ambil action, setelah itu jalan kan, maka sedan kecil harganya akan kompetitif, dan in return volumenya naik," tutur Nangoi.

Dengan kenaikan volume tersebut maka nantinya akan mempengaruhi kenaikan jumlah ekspor. "Maka yang namanya pabrikan di Indoneisa berani investasi, ataupun investor berani investasi, nantinya di kemudian hari ekspornya akan naik," tambah Nangoi, kepada wartawa, di ICE, BSD akhir pekan kemarin. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed