Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 01 Agustus 2016, 18:17 WIB

JK Minta Gaikindo Segera Surati ke Kemenperin Soal Penurunan Pajak Sedan

Ferdinan - detikOto
JK Minta Gaikindo Segera Surati ke Kemenperin Soal Penurunan Pajak Sedan Foto: Ferdinan
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) segera mengajukan surat permohonan penurunan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil sedan ke Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Gaikindo sebelumnya mengajukan penurunan PPnBM sedan dari 30 persen menjadi 10 persen.

Pembahasan soal ini disinggung dalam pertemuan dengan Wapres JK yang dihadiri Ketum Gaikindo, Yohannes Nangoi dan Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto.

Kepada wartawan usai pertemuan, Yohannes menegaskan usulan penurunan PPnBM dimaksudkan untuk meningkatkan daya beli kendaraan jenis sedan. Sebab saat ini masyarakat menurutnya lebih tertarik membeli mobil jenis MPV karena pajaknya lebih murah.

"Tadi hal ini juga sempat kami singgung dengan Pak JK dan beliau juga sangat setuju, dia bilang tolong bikin surat lagi ke Kementerian Perindustrian. Jadi kita akan jalankan itu," ujar Yohannes di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2016).

Menurut Yohannes pilihan jenis mobil MPV memang membuat industri otomotif kendaraan jenis sedan sulit bersaing di Indonesia. Dengan penurunan PPnBM untuk disamakan dengan jenis kendaraan lain, maka peluang memperbesar segmen sedan dan produksi sedan.

"Jadi contohnya, penjualan satu tahun untuk market domestik kira-kira sekitar 1,05 juta targetnya tahun ini. Sementara di Thailand hanya 750 ribu. Tapi kalau ekspornya Indonesia cuma 200 ribu, Thailand sudah 800-900 ribu," papar Yohannes.

"Jadi secara over all kita kalah dengan Thailand, ini yang ingin kami bilang bahwa kalau bisa kami juga ingin bikin sedan kecil dengan PPnBM yang cukup logis sehingga kami bisa mampu mengembangkan market ini dan in return ekspornya akan menjadi lebih besar," imbuh dia.


(fdn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed